Jangan Panik, Perut Kembung Setelah Makan Bisa Diatasi Segera Dengan Cara Ini

Jangan Panik, Perut Kembung Setelah Makan Bisa Diatasi Segera Dengan Cara Ini

Penyebab perut kembung setelah makan/---freepik.com

Jangan Panik, Perut Kembung Setelah Makan Bisa Diatasi Segera Dengan Cara Ini

RK ONLINE - Rasa kenyang setelah makan adalah sensasi yang umumnya diharapkan, tetapi kadang-kadang perut justru terasa kembung dan tidak nyaman. Kondisi ini bisa menjadi mengganggu dan memengaruhi kenyamanan sehari-hari. 

 

Ada beberapa alasan mengapa perut sering kembung setelah makan, dan memahami penyebabnya dapat membantu mengambil langkah-langkah untuk mengurangi ketidaknyamanan tersebut.

 

1. Udara yang Terperangkap dalam Perut

Makan atau minum terlalu cepat, mengunyah permen karet, mengisap rokok, atau mengonsumsi minuman berkarbonasi dapat menyebabkan udara tertelan dan terperangkap dalam perut. Ini dapat menyebabkan rasa kembung dan perut terasa penuh.

BACA JUGA:Gampang Didapatkan, Buah Sejuta Manfaat Ini Sangat Manjur Untuk Kesehatan Tubuh, Ini Beberapa Diantaranya!

2. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Makanan tinggi serat, seperti kacang-kacangan, brokoli, kubis, dan biji-bijian, dapat menyebabkan produksi gas yang lebih banyak dalam usus. Gas yang terbentuk ini dapat menyebabkan kembung dan perut terasa buncit.

 

3. Sensitivitas terhadap Makanan

Beberapa orang mungkin memiliki sensitivitas terhadap makanan tertentu, seperti susu atau gluten. Ini dapat menyebabkan peradangan dan gangguan pencernaan, yang pada akhirnya menyebabkan perut kembung.

 

Sumber: