Terungkap, Ternyata Ini Alasan Kolektor Uang Kuno Rela Bayar Mahal Hingga Ratusan Juta!

Terungkap, Ternyata Ini Alasan Kolektor Uang Kuno Rela Bayar Mahal Hingga Ratusan Juta!

Alaan kenapa kolektor uang kuno rela bayar mahal akhirnya terungkap/Foto: Ilustrasi--Istimewah

Terungkap, Ternyata Ini Alasan Kolektor Uang Kuno Rela Bayar Mahal Hingga Ratusan Juta!

RK ONLINE - Uang kuno yang terbit pada puluhan bahkan hingga ratusan tahun yang lalu, kerap menjadi incaran bagi para kolektor. Tidak hanya rupiah saja, beberapa mata uang dari negara lain juga kerap menjadi sasaran perburuan para kolektor uang kuno

BACA JUGA:Tembus Rp100 Juta, Mata Uang Kuno Rupiah Ternyata Punya Harga Jual Super Mahal

Biasanya semakin tua usia uang kuno tersebut, maka akan semakin diminati oleh banyak kalangan kolektor uang kuno. Tidak jarang, demi mendapatkan selembar uang kuno dengan tahun produksi yang sudah sangat tua, para sultan rela menghamburkan uang hingga ratusan juta rupiah.

 

Lantas apa tujuan dan manfaat kolektor mengkoleksi uang kuno?, berikut ini sederet alasan yang dirangkum Radarkepahiang.id dari beberapa sumber terpercaya:

BACA JUGA:Rp10 Juta - Rp500 Juta, KUR BCA 2023 Siapkan Modal Usaha Berbunga Rendah, Catat Syaratnya!

1. Uang Kuno Memiliki Nilai Historis

Semakin tua usia uang kuno ini, maka semakin tinggi pula nilai historis atau sejarahnya. Setiap uang kuno pasti memiliki cerita unik yang terkait dengan masa lalu, budaya dan peristiwa sejarah. 

Memiliki uang kuno dapat memungkinkan anda untuk mempelajari sejarah, politik, ekonomi dan kebudayaan dari berbagai negara dan zaman.

 

2. Nilai Investasi

Beberapa uang kuno memiliki nilai investasi yang cukup menjanjikan. Seperti yang disebutkan sebelumnya, bahwa beberapa uang kuno dengan seri khusus memiliki kelangkaan sehingga berpengaruh pada nilainya di pasar koleksi. 

Untuk beberapa seri, para pengoleksi bahkan rela mengucurkan dana hingga ratusan juta rupiah.

Sumber: