Pertahankan Kendaraan Dalam Kondisi Optimal, Berikut Kiat Merawat Mobil Musim Hujan yang Jangan Diabaikan

Pertahankan Kendaraan Dalam Kondisi Optimal, Berikut Kiat Merawat Mobil Musim Hujan yang Jangan Diabaikan

Tips merawat mobil saat musim hujan/Foto:Ilustrasi---freepik.com

4. Pelumasan Pintu dan Karet

Karet pintu dan jendela yang baik membantu mencegah air hujan masuk ke dalam kabin. Gunakan pelumas khusus untuk karet pintu dan jendela guna mencegah kerusakan dan retak pada karet akibat paparan cuaca yang ekstrem.

 

5. Pengecekan Ban dan Tekanan Udara

Pastikan ban kendaraan Anda memiliki profil yang dalam dan tekanan udara yang tepat. Ban dengan profil yang dalam membantu mencegah aquaplaning atau hilangnya traksi di atas permukaan yang basah.

BACA JUGA:Beli Mobil atau Rumah? Berikut Panduan Untuk Anak Muda yang Belum Menikah

6. Pemeriksaan Sistem Elektrikal

Periksa seluruh sistem elektrikal kendaraan, termasuk lampu, lampu rem, lampu sein, dan lampu depan. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik untuk menjaga visibilitas Anda dan memberikan sinyal kepada pengemudi lain.

 

7. Pembersihan Berkala dan Pelindung Cat

Mobil yang kotor dapat mengalami korosi pada catnya akibat air hujan yang mengandung polusi dan asam. Selain rutin mencuci mobil, pertimbangkan untuk menerapkan lapisan pelindung cat yang akan melindungi permukaan cat dari kerusakan akibat cuaca.

 

8. Perawatan Baterai

Kelembaban tinggi dapat mempengaruhi kinerja baterai. Pastikan terminal baterai bersih dan bebas dari karat. Jika baterai tampak lemah, periksa apakah baterai memerlukan penggantian.

 

Sumber: