Jangan Diabaikan, Kenali Gejala Diabetes Sejak Usia Muda

Jangan Diabaikan, Kenali Gejala Diabetes Sejak Usia Muda

gejala diabetes/Foto Ilustrasi---freepik.com

Jangan Diabaikan, Kenali Gejala Diabetes Sejak Usia Muda

RK ONLINE- Diabetes adalah penyakit yang dapat mempengaruhi siapa saja, termasuk anak-anak dan remaja. Gejala diabetes pada usia muda sering kali terlewatkan atau diabaikan karena seringkali disalahartikan sebagai masalah kecil atau penyakit lain. 

 

Namun, mengenali gejala diabetes sejak usia muda adalah penting agar bisa segera mendapatkan perawatan yang tepat dan mencegah komplikasi yang serius. Berikut ini adalah beberapa gejala diabetes pada anak dan remaja yang perlu diwaspadai:

 

1. Sering Merasa Haus dan Buang Air Kecil

Salah satu gejala utama diabetes pada usia muda adalah sering merasa haus dan buang air kecil secara berlebihan. Anak atau remaja yang mengalami gejala ini mungkin akan minum air lebih banyak dari biasanya dan seringkali harus buang air kecil di malam hari.

BACA JUGA:Cara Mengetahui Handphone atau Smartphone Terdapat Fitur Fast Charging atau Tidak

2. Penurunan Berat Badan Secara Tiba-tiba

Jika anak atau remaja mengalami penurunan berat badan yang drastis tanpa alasan yang jelas, hal ini bisa menjadi tanda bahwa tubuhnya mengalami kesulitan untuk menggunakan glukosa sebagai sumber energi dan mulai membakar lemak sebagai gantinya.

 

3. Kelelahan dan Letih yang Berlebihan

Anak atau remaja dengan diabetes sering merasa sangat lelah dan letih, meskipun mereka tidak melakukan aktivitas fisik yang berat. Hal ini disebabkan karena tubuhnya kesulitan untuk menggunakan glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi tubuh.

 

Sumber: