Amalan yang Dianjurkan Saat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

Amalan yang Dianjurkan Saat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

amalan yang diajurkan saat tahun baru islam/ Foto:Ilustrasi---freepik.com

Amalan yang Dianjurkan Saat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah

RK ONLINE- Tahun Baru Islam, atau Bulan Muharram adalah momen yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia. Selain merayakan pergantian tahun dalam Kalender Hijriah, Tahun Baru Islam juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan amalan-amalan yang dianjurkan. 

 

Berikut ini adalah beberapa amalan yang dapat dilakukan saat Tahun Baru Islam 1445 Hijriah tiba:

1. Puasa Tasu'a dan 'Ashura

Bulan Muharram memiliki dua hari yang istimewa, yaitu hari ke-9 (Tasu'a) dan hari ke-10 ('Ashura). Sunnah bagi umat Muslim untuk berpuasa pada kedua hari tersebut. Puasa Tasu'a dapat dilakukan sebagai bentuk persiapan menyambut hari 'Ashura yang memiliki banyak keutamaan.

BACA JUGA:Manfaat dan Keistimewaan Tahun Baru Islam 2023

2. Berbuat Kebaikan

Tahun Baru Islam menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan amal kebaikan. Umat Muslim dianjurkan untuk meningkatkan frekuensi sedekah, berbagi dengan orang-orang yang membutuhkan, dan melakukan perbuatan baik kepada sesama. Bantuan kepada yatim piatu, dhuafa, dan orang-orang yang terlantar merupakan amalan yang sangat dianjurkan pada bulan Muharram.

 

3. Memperbanyak Dzikir dan Doa

Selama Tahun Baru Islam, memperbanyak dzikir dan doa adalah amalan yang sangat dianjurkan. Mengingat dan mengucapkan tasbih, tahmid, takbir, dan istighfar merupakan bentuk ibadah yang dapat menguatkan hubungan dengan Allah SWT. 

 

Umat Muslim juga dianjurkan untuk berdoa dengan sungguh-sungguh, memohon ampunan, keberkahan, dan keselamatan di tahun yang baru.

Sumber: