PENTING! 10 Obat-Obatan Ini Wajib Tersedia di Dalam Kotak P3K Rumah Atau Saat Bepergian

PENTING! 10 Obat-Obatan Ini Wajib Tersedia di Dalam Kotak P3K Rumah Atau Saat Bepergian

Peralatan kotak p3k - --freepik.com

PENTING! 10 Obat-Obatan Ini Wajib Tersedia di Dalam Kotak P3K Rumah Atau Saat Bepergian

RK ONLINE - Tentunya kita sudah tidak asing lagi jika mendengar kata peralatan P3K atau kotak P3K. Ya, sebuah kotak yang berisikan obat-obatan dengan kegunaan sebagai penanganan pertama jika anggota keluarga mendadak sakit. Namun apa saja obat yang harus tersedia dalam kotak P3K?, berikut ini ulasannya.

 

Kotak Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan atau disingkat P3K, merupakan upaya pertolongan sementara terhadap korban kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan medis.

 

Ini sebabnya isi kotak P3K, harus menyediakan peralatan maupun obat-obatan yang dapat membantu seseorang melakukan pertolongan darurat. isi kotak P3K ini sendiri, termasuk peralatan dan obat-obatan yang perlu disediakan di berbagai tempat.

BACA JUGA:Dampak Kurang Tidur Bagi Kesehatan dan Cara Mengatasinya

Selain di rumah, setiap tempat umum seperti kantor, pusat rekreasi, transportasi umum atau fasilitas publik lainnya juga harus menyediakan kotak P3K.

 

Kotak P3K harus diletakkan di tempat yang mudah ditemukan. Ketika di tempat-tempat umum, kotak ini biasanya ditandai dengan tanda palang merah (+ berwarna merah). 

 

Sementara untuk antisipasi mandiri, anda juga perlu menyimpan kotak P3K di rumah atau di dalam kendaraan pribadi. Namun, lebih baik lagi jika anda juga membawa kotak P3K beserta isi berupa alat-alat dan obat-obatan ke mana pun anda bepergian.

 

Anda juga disarankan untuk menyiapkan kotak P3K dengan isi yang lengkap ketika bepergian ke tempat terpencil yang jauh dari akses fasilitas kesehatan, seperti saat mendaki gunung, berkemah, berperahu, atau menyelam. 

Sumber: