220 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia, KJRI Beberkan Penyebabnya!

220 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia, KJRI Beberkan Penyebabnya!

Jemaah haji---radartasik.disway

220 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia, KJRI Beberkan Penyebabnya!

RK ONLINE - Pada tahun 2023 ini, sebanyak 220 jemaah haji asal Indonesia meninggal dunia. Konsul Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Eko Hartanto mengatakan bahwa jumlah jemaah haji yang meninggal dunia ini, adalah data per 29 Juni 2023.

 

Eko menjelaskan bahwa sebagian besar jemaah haji asal Indonesia meninggal dunia akibat penyakit. Misalnya, penyakit jantung dan infeksi pada darah.

 

"Pada tanggal 29 Juni, ada 220 orang yang meninggal dunia, kebanyakan karena masalah jantung dan infeksi darah," kata Eko.

BACA JUGA:Gangguan Demensia, Jemaah Haji Ini Minta Pulang Naik Ojek Dari Makkah!

Beberapa waktu yang lalu, Kementerian Kesehatan telah mengidentifikasi beberapa penyakit yang dialami oleh calon jemaah haji. Beberapa penyakit tersebut antara lain penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan gangguan paru-paru.

 

Selain itu, jumlah calon jemaah haji lanjut usia (lansia) yang berangkat tahun ini juga cukup tinggi. Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono, menyebutkan bahwa lansia mencakup 45,7 persen dari total jemaah haji yang berangkat tahun ini. Angka ini merupakan angka yang tinggi dalam empat tahun terakhir.

 

Sebelumnya, seorang jemaah haji asal Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meninggal dunia di Mina. Pria tersebut bernama Sadirun Karso Rejo dan meninggal dunia pada usia 70 tahun saat hendak melempar jumrah.

 

Imam Subakti, Pelaksana Tugas Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kementerian Agama Kabupaten Magetan, menginformasikan bahwa Sadirun berasal dari Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, dan termasuk dalam kloter SUB-13.

Sumber: