Soal Marketplace Guru, Ini Komentar Ahli Pendidikan Bahasa Indonesia!

Soal Marketplace Guru, Ini Komentar Ahli Pendidikan Bahasa Indonesia!

Pro kontra Program Marketplace Guru Kemendikbudristek/Foto: Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), M Isnaini---Istimewah-

Soal Marketplace Guru, Ini Komentar Ahli Pendidikan Bahasa Indonesia!

RK ONLINE - Program Marketplace Guru dicetuskan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi atau disingkat Mendikbudristek, Nadiem Makarim sebagai upaya untuk mengatasi masalah tenaga guru honorer yang telah terjadi selama ini.

 

Istilah "marketplace guru" dalam program ini, belakangan menjadi topik pembicaraan di kalangan guru dan ahli pendidikan di hingga menuai pro dan kontra

 

Menyikapi hal tersebut seorang dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), M Isnaini menyatakan bahwa secara program, Marketplace Guru patut diapresiasi. Menurutnya, program tersebut dapat menjadi sarana untuk pemerataan guru dan memudahkan akses perekrutan guru. 

 

"Meskipun ada plus dan minusnya, kehadiran program ini mampu menciptakan pemerataan guru di sekolah-sekolah," kata Isnaini.

BACA JUGA:Kontrak Guru PPPK Dihapuskan Otomatis, 2 Syarat Penting Ini Jadi Penentu Guru Terdaftar Dalam Marketplace!

Namun Isnaini juga mempertimbangkan penggunaan istilah "marketplace". Menurutnya, istilah ini tidak menghargai martabat profesi guru. Kehadiran istilah ini tidak boleh membuat masyarakat yang tidak memahami beranggapan bahwa guru menjadi barang dagangan.

 

Baginya, guru seharusnya dihormati dan diapresiasi jasanya oleh masyarakat. Hal ini bukan berarti guru dianggap rendah dan diremehkan begitu saja, terutama setelah ada penggunaan istilah yang kurang diterima oleh masyarakat.

 

Isnaini menekankan bahwa istilah "marketplace" memiliki makna pasar, sedangkan "place" mengacu pada penjualan secara daring. Hal ini menunjukkan bahwa terminologi yang digunakan kurang tepat.

Sumber: