Pascapengumuman UTBK SBMPTN 2023, Ini Struktur Biaya Kuliah di 6 Universitas Ternama Indonesia!

Pascapengumuman UTBK SBMPTN 2023, Ini Struktur Biaya Kuliah di 6 Universitas Ternama Indonesia!

Ilustrasi/Foto: Rincihan Struktur biaya kuliah 2023.--ishutterstock.com (Nirat)

Pascapengumuman UTBK SBMPTN 2023, Ini Struktur Biaya Kuliah di 5 Universitas Ternama Indonesia!

RK ONLINE - Setelah dinyatakan lulus seleksi Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2023 atau UTBK SBMPTN 2023, adabaiknya para calon mahasiswa mempersiapkan dan memperhitungkan biaya kuliah pada PTN yang dituju.

 

Sebab sudah seharusnya bagi pesera atau calon mahasiswa yang berhasil lolos seleksi UTBK SBMPTN 2023, mengetahui dan memahami struktur biaya kuliah di PTN yang dituju.

 

Perlu diketahui jika setiap PTN, memiliki struktur biaya kuliah yang berbeda. Nantinya mahasiswa baru akan dikenakan biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) selama masa studi.

BACA JUGA:Setelah Lulus, Peserta UTBK SNBT 2023 Wajib Perhatikan Beberapa Poin Penting Berikut Ini!

Namun besaran UKT atau biaya kuliah ini ditentukan dari penghasilan orang tua serta pengeluaran orang tua dalam setiap bulannya.

UKT ini sendiri wajib dibayarkan setiap awal semester. Tetapi untungnya, ketentuan biaya kuliah atau UKT ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang menerima Beasiswa.

 

Melansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut ini adalah gambaran biaya kuliah di beberapa PTN ternama bagi peserta yang lolos seleksi UTBK SNBT 2023.

 

1. Universitas Indonesia (UI)

UI telah mengumumkan rincian UKT atau biaya kuliah untuk mahasiswa baru yang diterima. Dalam Keputusan Rektor UI No. 402/SK/R/UI/2023 yang ditandatangani pada 27 Maret 2023, UKT di UI terbagi menjadi 11 kelompok dengan nilai yang berbeda-beda tergantung program studi dan disiplin ilmu.

Sumber: