Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 dan Rincian Total Kuota CPNS dan PPPK 2023, Tembus 1 Juta!

Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 dan Rincian Total Kuota CPNS dan PPPK 2023, Tembus 1 Juta!

Calon pegawai negeri sipil tahun 2018 ---instagram/@bkn7palembang

Jadwal Pendaftaran CPNS 2023 dan Rincian Total Kuota CPNS dan PPPK 2023, Tembus 1 Juta!

RK ONLINE - Pemerintah telah mengumumkan jika pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS 2023 akan segera dibuka.

 

Melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau KemenPANRB, pemerintah  mengkonfirmasi bahwa tahun 2023 ini pemerintah akan membuka rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara atau CASN, termasuk CPNS dan PPPK.

 

Seperti yang telah diberitakan sebelumnya, pendaftaran CPNS 2023 dijadwalkan akan dibuka pada bulan September mendatang. 

BACA JUGA:Lulusan SMA Merapat, Berikut Cara Mendaftar CPNS Formasi Sipir Lapas Lengkap Beserta Persyaratannya!

Hal ini diungkapkan oleh MenPANRB, Abdullah Azwar Anas pada Senin 12 Juni 2023. Melalui pendaftaran CPNS 2023 kali ini, Pemerintah memberikan jumlah kuota pendaftaran CPNS 2023 sebanyak 1.030.751 untuk CPNS dan PPPK.

 

"Totalnya 1.030.751, ini sementara setelah kita koordinasi di luar beberapa instansi pemerintah daerah dan pusat yang kemarin sampai deadline terakhir tidak mengusulkan," kata Anas.

 

Dari total kuota tersebut, 80 persen akan dialokasikan untuk formasi PPPK dan 20 persen untuk lulusan baru. Kuota khusus untuk lulusan baru ini dibuat agar dapat mengakomodasi aspirasi mereka yang ingin berbakti kepada negara setelah lulus.

BACA JUGA:Guru PPPK Siap-Siap Terima NIP, Simak Pengumuman BKN dan GTK Kemendikbudristek Berikut Ini

"Jadi, ini untuk mengatasi keluhan para lulusan baru yang merasa bahwa posisi honorer selalu diurus, sementara mereka yang baru lulus ingin berbakti kepada negara. Maka kami menyediakan formasi ini," ujar Anas.

Sumber: