Bukan Juni atau Juli, Ini Jadwal Resmi Pendaftaran CPNS 2023 dari MenPANRB Abdullah Azwar Anas

Bukan Juni atau Juli, Ini Jadwal Resmi Pendaftaran CPNS 2023 dari MenPANRB Abdullah Azwar Anas

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas- --instagram/@bssn_ri

 

Selain itu, pembukaan pendaftaran CPNS tahun ini juga akan memberikan kesempatan yang cukup besar bagi para lulusan baru atau fresh graduate. Setidaknya dari total formasi CPNS yang akan dibuka, 20 persen di antaranya akan ditujukan untuk fresh graduate.

 

Anas menjelaskan bahwa dengan adanya pembagian ini, pemerintah berharap CPNS 2023 dapat menyelesaikan persoalan tenaga honorer, sambil memberikan kesempatan kepada fresh graduate untuk berkontribusi kepada negara.

 

"Sebanyak 20 persen untuk fresh graduate. Nah, fresh graduate yang dimaksud saat ini kami lebih mengutamakan mereka yang memiliki keahlian di bidang digital," ujar Anas.

 

"Kriteria fresh graduate ini akan memiliki kualifikasi yang tinggi untuk mengisi posisi di kementerian, lembaga, maupun pemerintah daerah di seluruh Indonesia," lanjutnya.

BACA JUGA:CPNS Wajib Tau, Berikut Ini Daftar Lengkap Kekurangan dan Keuntungan Menjadi PNS

Anas juga menyebutkan bahwa kriteria untuk CPNS yang memiliki keahlian di bidang digital masih terus dikembangkan. Hal ini dilakukan untuk menjawab kebutuhan tenaga IT di seluruh pemerintah daerah sejalan dengan percepatan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

 

Namun, untuk kebutuhan tenaga teknis yang pekerjaannya berpotensi terdisrupsi oleh perkembangan teknologi dan digitalisasi, tidak akan dibuka lowongan CPNS pada tahun 2023.

 

"Secara otomatis, salah satu ASN ke depannya, tenaga teknis tidak menjadi prioritas. Yang tetap menjadi prioritas adalah guru dan tenaga kesehatan," tambahnya.

 

Sumber: