Tidak Sembarangan, Ini Kategori Orang Yang Layak dan Berhak Menerima Daging Hewan Kurban

Tidak Sembarangan, Ini Kategori Orang Yang Layak dan Berhak Menerima Daging Hewan Kurban

Ilustrasi daging hewan kurban - --disway.id

2. Berat Daging Kurban Harus Adil

Jika jumlah berat daging kurban ditetapkan 1 kg untuk para mustahik, maka berat daging kurban tersebut harus sesuai dan tidak boleh dikurangi. Hal ini sesuai dengan firman Allah SWT:

 

وَأَوْفُوا الْكَيْلَ وَالْمِيزَانَ بِالْقِسْطِ ۖ لَا نُكَلِّفُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا                 

 

"Dan sempurnakan takaran serta timbangan secara adil. Kami tidak akan membebankan seseorang melampaui kemampuannya." (QS. Al-An'am: 152)

BACA JUGA:Penasaran Libur Idul Adha, Simak Ini Daftar Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023

 

3. Daging Kurban Sebisa Mungkin Segera Dibagikan

Dalam fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 37 tahun 2019 tentang "Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban dalam Bentuk Olahan", disunnahkan untuk segera mendistribusikan daging hewan kurban setelah disembelih. Usahakan proses pembagian diselesaikan hingga hari tasyrik pada tanggal 11, 12, dan 13 Dzulhijjah.

 

Tujuannya adalah agar manfaat dan tujuan penyembelihan hewan kurban dapat terwujud, yaitu kebahagiaan bersama dengan menikmati daging kurban, serta memenuhi kebutuhan orang yang membutuhkan di daerah sekitar.

 

4. Pembagian Daging Kurban Tidak Menyusahkan

Panitia dapat melakukan pendataan warga dengan kategori mustahik lebih awal untuk memudahkan. Caranya adalah dengan mengunjungi warga yang masuk dalam kategori mustahik. 

Sumber: