Halloween Ala Tapak Gedung, Festival Sekujang Sukses Curi Perhatian Masyarakat

Halloween Ala Tapak Gedung, Festival Sekujang Sukses Curi Perhatian Masyarakat

Festival Seni Budaya Sekujang di Desa Tapak Gedung Kepahiang Bengkulu yang menyerupai Festival Halloween.--Istimewah

Halloween Ala Tapak Gedung, Festival Sekujang Sukses Curi Perhatian Masyarakat

RK ONLINE - Festival Seni Budaya Sekujang Desa Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang, Provinsi Bengkulu, berlangsung sukses.

Seni budaya warisan leluhur Suku Serawai yang diselenggarakan Minggu 23 April 2023 ini, berhasil mencuri perhatian masyarakat dan disaksikan oleh ribuan orang.

BACA JUGA:Tunda Arus Balik Pemerintah Beri Cuti Tambahan Seluruh ASN,TNI- Polri, Bumn, Pegawai Swasta

Halloween ala Desa Tapak Gedung ini, merupakan tradisi tahunan yang rutin diselenggarakan oleh masyarakat setempat, dalam rangka bulan suci Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah.

 

Kades Tapak Gedung, Robby Indarta menuturkan jika Festival Seni Budaya Sekujang ini, menjadi rangkaian kegiatan yang ikut memeriahkan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah. 

Selain memang merupakan seni budaya warisan pendahulu, Robby mengungkapkan jika Festival Seni Budaya Sekujang ini rutin diselenggarakan sebagai langkah dan upaya dalam melestarikan keberagaman seni budaya di Indonesia.

BACA JUGA:5 Cara Terhindar Lemak Berlebihan Dalam Tubuh Akibat Makan Rendang

Dalam pelaksanaannya, aktor Sekujang menggunakan topeng seram dengan rambut yang terurai panjang. Berjalan keliling desa diiringi dengan obor, pemeran Sekujang menyambangi satu persatu rumah warga yang ada di desa.

 

"Pada dasarnya ini merupakan seni budaya warisan leluhur di desa kami. Alhamdulillah pelaksanaannya disambut antusias oleh masyarakat desa bahkan dari luar daerah," ujar Robby.

 

Di sini lanjut Robby, pemeran Sekujang mendatangi setiap rumah warga dengan maksud untuk meminta keihklasan memberi makanan. Selanjutnya setelah menerima pemberian dari penghuni rumah, aktor sekujang yang diceritakan, langsug mendoakan kesejahteraan penghuni rumah tersebut.

Sumber: