HUT ke-51, Basarnas Bersih-bersih Pantai

HUT ke-51, Basarnas Bersih-bersih Pantai

DOK/RK : PUNGUT : Personil Basarnas Bengkulu saat memungut sampah di kawasan Pantai Panjang Kota Bengkulu.--

RK ONLINE - Dalam rangka menyambut HUT Basarnas yang ke 51  pada 28 Februari  mendatang, jajaran Basarnas Provinsi Bengkulu melaksanakan aksi peduli lingkungan dengan bersih-bersih pantai atau clean up di kawasan wisata Pantai Panjang Bengkulu, Jumat (24/2).

 

Kegiatan peduli lingkungan kali ini, Basarnas Bengkulu bekerjasama dengan pihak manajemen Bencoolen Mall (BIM) dan Plogger Bengkulu. Serta turut mengundang beberapa instansi dan organisasi untuk mengikuti aksi peduli lingkungan diantaranya Lanal Bengkulu, Sabhara Polda Bengkulu, Polairud Polda Bengkulu, Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu, PMI Kota Bengkulu, Kwarcab Kota Bengkulu, Bank Mandiri, Pusat Koordinasi Daerah Mapala Se-Provinsi Bengkulu, Tim Bantuan Medis, Agrabuama STIA Bengkulu dan anak-anak sekolah dari SMA di Kota Bengkulu.

 

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, M. Arafah mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam menyambut hari jadi Basarnas serta salah satu upaya menumbuhkan rasa tanggung jawab dan kesadaran kepada publik untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih terutama di kawasan Pantai Panjang Bengkulu yang menjadi salah satu ikon Bengkulu.

 

"Kegiatan ini menjadi salah satu langkah kita untuk menumbuhkan kesadaran akan kebersihan lingkungan," sampai Arafah.

 

Menurut data hasil pemantauan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI intensitas sampah setiap tahunnya terus mengalami peningkatan. Tercatat total sampah nasional pada tahun 2021 yaitu sebanyak 68.5 juta ton dan persentase sampah plastik sebanyak 17 persen atau sekitar 11,6 juta ton.

 

BACA JUGA:Stok Daging Dipastikan Aman

 

Di Bengkulu sendiri persoalan sampah menjadi perhatian khusus, termasuk di kawasan Pantai Panjang Bengkulu yang banyak ditemukan sampah plastik  yang berasal dari pedagang atau pembeli di Pantai Panjang atau pengunjung.

 

Sumber: