2022, Kontribusi BPKP Capai Rp 711 Miliar

2022, Kontribusi BPKP Capai Rp 711 Miliar

DOK/RK : Kepala BPKP Provinsi Bengkulu, Rusdy Sofyan, Ak--

RK ONLINE - Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Kantor Perwakilan Provinsi Bengkulu telah melaksanakan pengawasan pada berbagai sektor dalam lingkup pemerintahan dan badan usaha dalam wilayah Provinsi Bengkulu yang mengacu pada Agenda Prioritas Pengawasan (APP) dan Agenda Prioritas Pengawasan Daerah (APPD) tahun 2022.

 

 

Kepala BPKP Provinsi Bengkulu, Rusdy Sofyan, Ak mengatakan, dari hasil pelaksanaan APP dan APPD yang telah dilakukan selama tahun 2022, BPKP Provinsi Bengkulu telah berkontribusi kepada keuangan negara/daerah di Provinsi Bengkulu sebesar Rp 711,883 miliar.

 

 

"Jumlah tersebut terdiri dari penyelamatan keuangan negara sebesar Rp 569,759 miliar, efisiensi keuangan negara/daerah sebesar Rp 141,030 miliar dan optimalisasi penerimaan negara/daerah sebesar Rp 1,094 miliar," ungkap Rusdy usai menghadiri kegiatan penyerahan laporan hasil pengawasan Wilayah Bengkulu di Ruang Kerja Gubernur Lantai III Kantor Gubernur, Senin (30/1).

 

 

Ia menambahkan, pengawasan yang dilakukan BPKP untuk APP meliputi 7 sektor pengawasan yaitu reformasi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), penguatan infrastrutur dan konektifitas, akuntabilitas keuangan negara/daerah, pemulinan ekonomi, ketahanan pangan, penguatan penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bersih serta pengentasan kemiskinan.

 

 

"Sedangkan untuk APPD meliputi pengawasan pada program revitalisasi kelapa sawit dan pengelolaan PAD BPHTB atas HGU perkebunan," imbuh Rusdy.

 

Sumber: