Dinkes Catat 4 Kasus HIV/AIDS Baru, 2 Meninggal Dunia

Dinkes Catat 4 Kasus HIV/AIDS Baru, 2 Meninggal Dunia

DOK/RK : Kepala Dinkes Lebong Rachman, S.KM, M.Si--

RK ONLINE  - Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong, ditahun 2022 lalu terdapat 4 kasus baru HIV/AIDS. Kasus tersebut dilaporkan pada Juli 2022 lalu. Masing-masing 3 kasus laporan RSUD dan 1 kasus laporan Puskesmas.

 

 

Dari jumlah kasus baru itu, 2 diantaranya dilaporkan meninggal dunia karena panyakit yang diderita sudah parah. Sementara dua kasus lagi terus dilakukan pendampingan.

 

 

Kepala Dinkes Lebong, Rachman, S.KM, M.Si melalui Kabid P2P, Febria Mandeka, S.KM mengatakan 2 penderita HIV/AIDS secara rutin masih dilakukan Pendampingan Dengan Pengobatan (PDP) di Puskesmas wilayah masing-masing. Sebab saat ini para penderita HIV/AIDS tidak perlu lagi harus keluar daerah untuk menjalani pengobatan. 

 

 

"Sekarang pasien penderita HIV/AIDS sudah bisa mendapatkan pengobatan di Puskesmas, karena saat ini seluruh Puskesmas sudah bisa memberikan pelayanan PDP," ujarnya.

 

 

Ia menjelaskan, faktor utama penyebab masyarakat menderita HIV/AIDS adalah free seks, LGBT yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Kemudian bagi penderita yang memiliki penyakit lain juga dapat menyebabkan kematian.

 

Sumber: