Dipastikan Universal Health Coverage

Dipastikan Universal Health Coverage

Sekda Kepahiang Dr. Hartono, M.Pd.--

RK ONLINE - Kabupaten Kepahiang dipastikan sudah Universal Health Coverage (UHC) atau cakupan kesehatan semesta. Dimana saat ini sudah 96,43 persen atau sebanyak 153.152 penduduknya telah memiliki jaminan kesehatan, yakni masyarakat yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan. 

 

 

Dari jumlah tersebut, 27.147 masyarakat diantaranya mendapatkan JKN dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang lewat PBI BPJS Kesehatan yang pembiayaannya ditanggung APBD setiap tahunnya. Demikian disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd, Senin (16/1).

 

 

Menurut Hartono, cakupan kesehatan semesta menjamin seluruh masyarakat mempunyai akses untuk kebutuhan pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang berkualitas serta efektif.

 

 

"UHC ini upaya pemerintah dalam pembangunan kesehatan, sebagian integral dari pembangunan nasional dan sudah sejalan dengan upaya yang dicanangkan dalam program kerja WHO. Untuk sekarang, peserta BPJS Kesehatan dipermudah layanannya hanya dengan membawa KTP saja. Disamping kepesertaan sudah mencapai 96 persen, 27.147 warga Kepahiang juga JKN-nya ditanggung APBD. Jumlah ini akan bertambah sesuai dengan kebutuhan penyalurannya," jelas Hartono.

 

 

BACA JUGA:Target Capai UHC

 

Sumber: