Target Capai UHC

Target Capai UHC

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang tengah mengupayakan agar tahun depan wilayah Kabupaten Kepahiang akan mencapai Universal Health Coverage (UHC).

 

Hal itu disampaikan Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM IPU. Menurut Bupati, dengan capaian UHC tersebut maka permasalahan pelayanan kesehatan di Kabupaten Kepahiang akan terlayani.

 

"Terutama mereka yang tidak mampu dan tidak terdaftar sebagai peserta BPJS, maka langsung akan dilayani secara gratis. Itu keuntungan ketika kita sudah menjadi UHC," kata Bupati.

 

Untuk mencapai UHC, harus mencapai 97 persen kepesertaan yang terdaftar. Akan tetapi di Kabupaten Kepahiang masih ada terdapat 4.000 yang akan didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan, saat ini baru mencapai 96 persen.

 

BACA JUGA:Bupati Kepahiang Launching UHC

 

"Dari 153.232 jiwa penduduk Kabupaten Kepahiang saat ini sebanyak 147.765 atau 96,43 persen sudah memiliki jaminan kesehatan. Tahun depan kita targetkan mencapai 97 persen," ujar Bupati.

 

Untuk mencapai target itu, pada tahun 2023 mendatang Pemkab Kepahiang merencanakan penambahan peserta JKN-KIS yang iurannya dibiayai dengan menggunakan APBD Kabupaten Kepahiang sebanyak 4.000 jiwa. Yaitu warga kurang mampu yang nantinya akan didaftarkan sebagai peserta JKN-KIS dan akan didaftarkan sebagai penerima bantuan iuran.

Sumber: