Air Bersih Erat dengan Pencegahan Stunting

Air Bersih Erat dengan Pencegahan Stunting

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU--

RK ONLINE - Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU mengatakan, masalah ketersediaan air bersih sangat erat kaitannya dengan isu pembangunan manusia, khususnya masalah stunting pada anak.

 

Dijelaskan Bupati, keberadaan air bersih dan sarana prasarana sanitasi sangat erat dengan masalah pembangunan manusia, khususnya di bidang kesehatan dan terutama berkaitan dengan upaya perang melawan stunting. Sekarang kasus stunting di Kabupaten Kepahiang cukup tinggi, prevalensi stunting diangka 22,9 persen.

 

 

"Maka dari itu, ketersediaan air bersih serta sanitasi layak berkontribusi besar dalam penanganan stunting. Jadi tidak hanya tugasnya Dinas Kesehatan saja, tapi termasuk Dinas PUPR dan instansi lain. Karena bukan saja soal gizi bayi, bukan hanya pemberian asupan gizi yang memenuhi standar untuk ibu hamil, dan ibu menyusui. Tapi ketersedian air bersih dan sanitasi layak juga penting," tegas Bupati.

 

 

Akses terhadap air bersih dan pelayanan sanitasi dasar, dijelaskan Bupati, merupakan salah satu program prioritas nasional. Untuk merawat ketersediaan air bersih, maka perlu dibentuk perilaku masyarakat yang menghargai dan memanfaatkan air dengan bijak.

 

 

"Disamping pemerintah daerah berupaya mewujudkan pembangunan air minum yang aman bagi masyarakat, juga mengetuk ruang kesadaran masyarakat kita. Sehari-hari yang masih berperilaku boros terhadap air, ya jangan dilakukan lagi, karena air mengandung makna untuk kehidupan," ujar Bupati.

 

 

Sumber: