Cangkang Sawit Bengkulu di Ekspor ke Jepang

Cangkang Sawit Bengkulu di Ekspor ke Jepang

DOK/RK : CANGKANG SAWIT : Cangkang sawit yang berada di Stokpile pelabuhan pulau Baai--

RK ONLINE - Salah satu komoditas unggulan Provinsi Bengkulu yang diminati pangsa internasional yakni cangkang kelapa sawit terus diekspor ke luar negeri. Terbaru, Provinsi Bengkulu akan melakukan ekspor perdana cangkan kelapa sawit ke  Jepang. 

 

 

Sekretaris Jendral Asosiasi Pengusaha Cangkang Sawit Indonesia (APCASI) Bengkulu, Deswan Hardjo Putra menyampaikan, sebanyak 11 ribu ton Cangkang Sawit akan dikirim ke Jepang melalui Pelabuhan Pulau Baai pada minggu kedua bulan Februari mendatang. 

 

 

"Pengiriman secara rutin akan dilakukan setiap bulan dengan volume ekspor dari total kontrak sebanyak 132 ton sepanjang tahun 2023. Dan Bengkulu jadikan prioritas pertama," ungkapnya. 

 

 

Dari kontrak kerjasama yang ditandatangani pada akhir 2022 lalu dengan total ekspor sebesar Rp 2,3 triliun, secara keseluruhan nilai ekspor cangkang Bengkulu untuk tahun 2023 sebesar Rp 359 miliar.

 

 

Nantinya Provinsi Bengkulu akan menerima pandapatan melalui Dana Bagi Hasil (DBH) melalui pajak ekspor sebesar 60 persen dari pajak yang disetorkan ke negara. Setidaknya akan masuk ke kas daerah sebagai pendapatan dari sektor pajak ini sebesar Rp 12 miliar.

 

Sumber: