Bupati Kepahiang Dianugerahi Penghulu Budaya Taneak Jang Kepahiang

Bupati Kepahiang Dianugerahi Penghulu Budaya Taneak Jang Kepahiang

DOK/RK : ANUGERAH : Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM dianugerahi sebagai penghulu budaya taneak jang Kepahiang.--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang mendukung upaya melestarikan berbagai macam warisan adat budaya yang ada di Bumei Sehasen ini. Karena selain sebagai identitas karakter masyarakat, adat budaya juga berperan penting dalam menyelaraskan proses pembangunan.

 

Demikian dikatakan  Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU pada pelaksanaan pentas seni dan budaya 'Kepahiang Mulo Jijei' serta sekaligus penganugerahan Bupati Hidayattulah sebagai Penghulu Budaya Taneak Jang Kepahiang, pada Jum'at (6/1) malam.

 

Dikatakan bupati, pemerintah bisa melakukan sebuah pembangunan tanpa harus mengasingkan suatu kebudayaan. Menurutnya, pembangunan ditunjukkan untuk menciptakan masyarakat yang makmur dan sejahtera. Sementara masyarakat wajib mengelola serta menjaga budaya dengan baik, karena budaya juga merupakan identitas suatu bangsa.

BACA JUGA:Ribuan Peserta Jalan Sehat Padati Lapangan Segitiga Perkantoran

Untuk diketahui, Kepahiang mulo jijei adalah bahasa rejang yang artinya awal mula Kepahiang.

Pada acara pentas seni budaya tersebut tidak hanya mengulas lahirnya Kabupaten Kepahiang, karena pertunjukkan pentas seni yang diselenggarakan ditujukan agar lebih dikenal masyarakat hingga memahaminya, melaksanakan dan menghargai seni budaya daerah, serta menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni budaya, khususnya nilai-nilai tradisi yang berakar pada budaya rejang.

 

"Pemerintah daerah tidak hanya memanjakan pembangunan infrastruktur, tapi juga harus disertai mental spritual. Dalam hal ini Pemkab Kepahiang sudah mendukung pembangunan masjid Agung Baitul Hikmah, belum ada Rumah Adat kita bangun rumah adat. Serta memperhatikan situs-situs sejarah," sampai Bupati.

 

Bersamaan dengan hal itu, bupati berharap supaya generasi muda harus memiliki nilai-nilai yang sama dalam melestarikan budaya. Seperti yang dirinya lakukan, didukung oleh budayawan tidak hentinya menilik sejarah dan para tokoh di Kabupaten Kepahiang.

 

"Passion saya bukan di bidang sejarah, akan tetapi saya sangat ingin tahu serta menilik sejarah dan para tokoh di Kabupaten Kepahiang ini. Agar terwujudnya tujuan untuk memperhatikan, menjaga budaya adat kita,"kata Bupati.

Sumber: