Menurun, 8 Wilayah Terbebas PMK

Menurun, 8 Wilayah Terbebas PMK

DOK/RK : VAKSINASI : Aktivitas penyuntikan vaksin PMK di Bengkulu--

RK ONLINE - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu mencatat kasus  Penyakit  Mulut dan Kuku (PMK) di wilayah Bengkulu terus menurun. Hal ini terlihat dengan sudah ada 8 wilayah yang dinyatakan bebas kasus PMK.

 

 

"Kasus PMK di Bengkulu saat ini terus mengalami penurunan dan delapan wilayah di Bengkulu sudah nol kasus PMK," kata Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu, drh. M. Syarkawi.

 

 

Adapun 2 wilayah di Provinsi Bengkulu yang masih memiliki kasus PMK yakni, Kabupaten Bengkulu Utara dan Seluma.  Di dua wilayah ini masih menyisakan 62 kasus PMK.  Sedangkan untuk 8 wilayah yang sudah nol kasus PMK yakni Kabupaten Kepahiang, Rejang Lebong, Lebong, Bengkulu Tengah, Bengkulu Selatan, Kaur, Mukomuko, dan Kota Bengkulu. 

 

 

Syarkawi memaparkan, baiknya penanganan kasus PMK di wilayah Provinsi Bengkulu membuat penyebaran kasus berkurang. Penanganan kasus ini tidak lepas dari upaya yang dilakukan pihaknya khususnya tim percepatan penanganan PMK dengan melaksanakan vaksinasi hewan ternak jenis kambing dan sapi di seluruh wilayah Bengkulu.

 

 

Selain itu, pembatasan dan pemeriksaan kedatangan hewan ternak dari luar wilayah yang dilakukan di perbatasan masih diwajibkan menyertakan Surat Keterangan Sehat Hewan (SKKH). 

 

Sumber: