Kasus LSD Meningkat, Disnakeswan Usulkan Vaksin

Kasus LSD Meningkat, Disnakeswan Usulkan Vaksin

DOK/RK : Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu, drh. Muhammad Syarkawi--

RK ONLINE - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Provinsi Bengkulu menyebut Kasus Lumpy Skin Deaseas (LSD) yang menyerang ternak jenis sapi di wilayah Bengkulu mengalami peningkatan. Tercatat hingga pekan pertama Januari 2023 sudah 32 ekor sapi di Kabupaten Mukomuko mengalami LSD. 

 

 

Kepala Disnakeswan Provinsi Bengkulu, drh. Muhammad Syarkawi mengatakan, kasus LSD yang menyerang ternak sapi mengalami peningkatan namun kasus masih berada di Kabupaten Mukomuko dan hanya menyebar di tiga kecamatan saja.  Yakni Kecamatan Lubuk Pinang, Empat Koto dan Kota Mukomuko.

 

 

"Untuk penyakit LSD ini masih terlokalisir di Kabupaten Mukomuko, di daerah lain belum ditemukan," kata Syarkawi. 

 

 

Penyebaran LSD di Mukomuko diduga berasal dari ternak yang melintas di Bengkulu yang berasal dari Sumatera Barat. Sehingga untuk mencegah adanya sebaran penyakit ke wilayah lain, pihaknya meminta Pemkab Mukomuko menahan lalu lintas hewan ternak dari Mukomuko ke wilayah lain.

 

 

"Kita batasi sebaran LSD ini, dan kita minta ternak yang telah terjangkit tidak dibawa ke daerah lain untuk mencegah penyebaran lebih luas," lanjutnya.

 

Sumber: