Lestarikan Adat, Seni dan Budaya Daerah

Lestarikan Adat, Seni dan Budaya Daerah

DOK/RK : Kadis Dikbud Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang memiliki komitmen besar terhadap pelestarian adat, seni dan budaya lokal, dengan tujuan agar tidak punah oleh kemajuan zaman. Komitmen dan kepedulian pemerintah dalam melestarikan adat, budaya, dan kesenian daerah telah ditunjukan dengan melaksanakan kegiatan festival budaya, serta diimplementasikannya pada kurikulum muatan lokal yang berisi adanya adat istiadat, seni budaya dan makanan khas daerah.

 

Demikian disampaikan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepahiang, Nining Fawely Pasju, S.Pt, MM. Pelestarian budaya ini, papar Nining, juga diagendakan pada berbagai kegiatan-kegiatan.

 

"Seperti mendukung adanya cara tradisi sebagai kekayaan budaya di masyarakat, jangan sampai tradisi dan budaya khususnya adat budaya rejang hilang ditelan zaman," kata Nining.

 

BACA JUGA:OPD Ditekankan untuk Tertib Arsip

 

Pengembangan kebudayaan, tambah Nining, diwujudkan juga dalam dukungan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat guna memperkuat konektivitas sosial, budaya, dan adat istiadat lokal.

 

Geliat dan eksistensi seni dan budaya Kepahiang masih terus berkesinambungan dengan tetap mempertahankan kelokalan daerah. "Pada prinsipnya, Pemkab Kepahiang melalui OPD-OPD, tidak terkecuali Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, tidak menutup mata dalam upaya pelestarian budaya daerah, menjaga dan melestarikan adat tradisi serta mengembangkan potensi adat tradisi yang ada di daerah," tutup Nining.

Sumber: