OPD Ditekankan untuk Tertib Arsip

OPD Ditekankan untuk Tertib Arsip

DOK/RK : LIBAT : Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kepahiang melibatkan seluruh OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang pada sosialisasi penataan dan tertib arsip yang diselenggarakan di aula Hotel Umrah, Kamis (15/12).--

RK ONLINE - Keberadaan arsip kerap kali dipandang sebelah mata. Padahal arsip sangatlah penting, apalagi dalam kegiatan pemerintahan. Untuk itu, seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Kabupaten Kepahiang didorong untuk lebih tertib arsip. Ini disampaikan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Kepahiang, Muktar Yatib, S.Pd, Kamis (15/12) saat sosialisasi penguatan tugas, fungsi dan tanggung jawab unit kearsipan yang melibatkan seluruh OPD.

 

"Melalui sosialisasi ini diharapkan pengelolaan arsip di lingkungan Pemkab Kepahiang akan terkelola dengan baik, terlebih Dinas Perpusda sudah ada aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi)," jelas Muktar.

 

Aplikasi itu, kata dia, sebagai aplikasi umum bidang kearsipan yang dapat mendukung pengelolaan arsip dan tata kelola pemerintah berbasis elektronik.

 

BACA JUGA:Penataan Arsip di Perpusda Belum Makasimal

 

"Pengelolaan arsip di Kabupaten Kepahiang masih sangat tertinggal dengan daerah lain, dengan adanya aplikasi dan sosialisasi ini guna mengoptimalisasi kembali fungsi kearsipan. Maka dari itu kita mendorong OPD untuk tertib arsip, jangan sembarang dan mengabaikan arsip," papar Muktar.

 

Muktar membeberkan, ASN diharapkan memiliki amanah yang harus dipertanggungjawabkan. Yakni tidak hanya melaksanakan kegiatan tapi juga mendokumentasikan dan mengarsipkan. "Arsip seolah sudah terabaikan, padahal ASN memiliki amanah yang harus dipertanggungjawabkab, bukan saja melaksanakan kegiatan, tapi juga harus mendokumentasikan ataupun mengarsipkan kegiatan," singkat Muktar.

Sumber: