Di Kepahiang 197 Calon PPK Dicoret, Cari Tahu Pengumumannya

Di Kepahiang 197 Calon PPK Dicoret, Cari Tahu Pengumumannya

DOK/RK : ANTARKAN : Calon PPK yang sudah melakukan pendaftaran online menyampaikan dokumen fisik persyaratan ke KPU Kabupaten Kepahiang, Rabu (30/11).--

RK ONLINE - Dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepahiang, tercatat 480 calon peserta seleksi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang mendaftar hingga Selasa (29/11) pukul 24.00 WIB. Dari jumlah itu saat ini sudah ada 197 calon peserta seleksi dicoret dari daftar calon peserta seleksi. Sehingga yang masih ada kemungkinan melaju ke tahapan tes tertulis sistem Computer Assisted Test (CAT) hanya 283 peserta.

 

Untuk pengumuman resmi hasil seleksi administrasi diumumkan sesuai tahapan yang telah disusun yakni pada 2-4 Desember mendatang. Ini diungkapkan Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos, I, M.Pd, Rabu (30/11). Dikatakan, 197 calon peserta seleksi yang dicoret adalah pendaftar yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

 

Rinciannya 42 peserta yang TMS berdasarkan hasil seleksi administrasi serta 155 TMS lantaran tidak selesai 100 mendaftar (Upload data, red). "Dari 480 pendaftar melalui aplikasi SIAKBA hanya 283 yang dinyatakan MS (Memenuhi Syarat). Pengumuman resminya kita umumkan 2 hingga 4 Desember," kata Supran.

 

BACA JUGA:480 Pendaftar PPK, Semua Bisa Ikut Seleksi?

 

Untuk lokasi pelaksanaan tes tertulis, menurut Supran, ada 2 alternatif yakni di SMAN 1 Kepahiang dan di MAN 2 Kepahiang. Sementara mekanisme tes tertulis sistem CAT, termasuk berapa hari waktu pelaksanaan, akan disampaikan lebih lanjut nanti.

 

"Yang pastinya seleksi tes tertulis dilaksanakan secara CAT, sejumlah fasilitas yang diperlukan juga sudah disiapkan. Untuk lokasi pelaksanaan dan berapa hari pelaksanaan tes, nanti akan difinalkan," jelasnya.

 

Dalam proses seleksi PPK, KPU Kabupaten Kepahiang memastikan tidak peserta tes titipan. Terlebih, proses tes dilaksanakan sistem CAT. Tidak lulus CAT dipastikan tidak masuk dalam 10 besar di setiap kecamatan. Yang lulus 10 besar per kecamatan akan mengikuti tes wawancara, hingga terpilih 5 orang di masing-masing kecamatan. "Daerah kita ada 8 kecamatan, jadi total PPK 40 orang," demikian Supran. 

Sumber: