Penyaluran BLT-DD Triwulan IV di 3 Kabupaten Masih Nol

Penyaluran BLT-DD Triwulan IV di 3 Kabupaten Masih Nol

--

RK ONLINE - Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan Provinsi Bengkulu mencatat, ada tiga kabupaten di Provinsi Bengkulu belum mencairkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) Dana Desa (DD) triwulan IV tahun 2022. Yaitu Kabupaten Kepahiang, Mukomuko dan Kabupaten Lebong.

 

"Ada 3 kabupaten yaitu Kepahiang, Mukomuko dan Lebong realisasi BLT dana desanya masih Nol persen di tahap 4," ungkap Kepala DJPb Provinsi Bengkulu, M. Syarwan, SE, MM, Senin (21/11).

 

Sementara itu, 6 wilayah lainnya yakni Kabupaten Bengkulu Selatan, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Kaur, Bengkulu Tengah, dan Seluma telah menyalurkan. Berdasarkan data per 31 Oktober capaiannya yakni Kabupaten Bengkulu Selatan mencapai Rp 10 miliar, Bengkulu Utara Rp 14,5 miliar, Rejang Lebong Rp 10,9 miliar, Kaur Rp 5,9 miliar, Seluma Rp 13,6 miliar dan Kabupaten Bengkulu Tengah Rp 6,6 miliar.

 

"Saat ini baru disalurkan Rp 61,4 miliar untuk 849 desa dari 1.340 desa yang ada diwilayah Bengkulu," tutur Syarwan.

 

Lebih lanjut, capaian ini masih sangat kecil dari total anggaran yang disediakan lebih kurang Rp 1 triliun rupiah. Terlebih secara kumulatif penyaluran dari triwulan I hingga triwulan III Rp 285,3 miliar.

 

DJPb mengingatkan dan menghimbau agar wilayah yang belum menyalurkannya BLT-DD  agar segera menyalurkan, apalagi saat ini telah mencapai akhir tahun.

 

Jika tidak segera dilakukan penyaluran secepatnya dikhawatirkan dapat menyebabkan melambatnya daya beli masyarakat yang ada di desa. Hal ini karena masyarakat yang menjadi sasaran BLT-DD akan menunda berbelanja kebutuhan karena bantuan belum disalurkan. Akibatnya daya beli masyarakat juga menjadi terhambat.

 

Sumber: