Pemkot Targetkan PAD Naik 90 Persen

Pemkot Targetkan PAD Naik 90 Persen

DOK/RK : Kepala Bapenda Kota Bengkulu, Drs. Eddyson--

RK ONLINE - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu tahun 2023 meningkatkan target capaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) hingga 90 persen. Capaian target tersebut yakni dari Rp 167 miliar menjadi Rp 300 miliar. 

 

Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Bengkulu, Drs. Eddyson mengatakan, kenaikan target PAD yang ada tidak serta merta dilakukan, namun kenaikan PAD ini berdasarkan dari situasi dan kondisi yang mulai membaik dari pandemi Covid-19. Terlebih sudah berdasarkan ujik petik yang dilakukan pihak Bapenda. 

 

"Untuk realisasi tahun depan, kita di 2023 setelah kita adakan uji petik dan melihat potensi-potensi ekonomi yang sekarang sudah membaik kita target akan PAD mencapai Rp 300 miliar lebih," ungkap Eddyson. 

 

Pemasukan PAD Pemkot Bengkulu sendiri saat ini berasal dari 11 sektor pajak, sektor terbesar dihasilkan dari pajak bumi dan bangunan serta pajak Bea Pereolahan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

 

BACA JUGA:Masyarakat Diminta Waspada Terjadinya Kebakaran Selama Ramadhan

 

Tahun ini sendiri PAD Kota Bengkulu baru tercapai 75 persen, namun Bapenda optimis target pajak yang ditetapkan dapat tercapai. Hal ini mengingat pihak telah merancang untuk memenuhi formulasi dalam mencapai target yang ditentukan. 

 

Selain itu, Bapenda juga telah mencari sektor baru yang memiliki potensi-potensi pajak. Salah satu sektor pajak baru yang akan dimulai melakukan pungutan pajak yakni usaha catering dan kos-kosan bagi masyarakat kota Bengkulu.

 

Sumber: