Kunker ke Jabar, Dewan Minta Dinkes Optimalkan Pengelolaan Puskesmas

Kunker ke Jabar, Dewan Minta Dinkes Optimalkan Pengelolaan Puskesmas

DOK/RK : KUNKER : Komisi IV DPRD Provinsi Bengkulu saat kunjungan kerja ke Dinkes Provinsi Jawa Barat--

RK ONLINE - DPRD Provinsi Bengkulu melalui Komisi IV melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Selasa (15)11) kemarin. Kunker dilakukan untuk menjadi bahan percontohan daerah yang nantinya bisa direalisasikan pada Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu yang merupakan mitra dari Komisi IV. 

 

Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Bengkulu, Edwar Samsi, S.Ip, MM mengungkapkan, kunjungan kerja yang dilaksanakan pihaknya untuk saling berbagi ilmu dan menambah informasi positif pelayanan kesehatan di Provinsi Jawa Barat yang dapat dicontoh dan nantinya bisa diterapkan di Provinsi Bengkulu.

 

"Dalam kunjungan ini kita mendapatkan banyak informasi dari Dinas Kesehatan Jawa Barat  terutama terkait bantuan keuangan dari pemerintah Jawa Barat untuk puskesmas di wilayah Jawa Barat. Mereka memberikan bantuan keuangan ke puskesmas sesuai kebutuhan dengan pengusulan proposal," papar Edwar.

 

Selain itu, pengawasan dan pengelolaan keuangan di Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat dinilai cukup baik, terutama dalam pengawasan terhadap pengelolaan keuangan puskesmas di tingkat kabupaten/kota.

 

"Pengawasan terhadap puskesmas-puskesmas yang layak mendapatkan bantuan, juga untuk puskesmas yang tidak mendapat bantuan dijadikan pertimbangan untuk mendapatkan bantuan juga. Terlebih, sudah hampir 90 persen puskesmas di Jawa Barat sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD)," tutur Edwar. 

 

Dirinya berharap, hasil dari kunjungan kerja yang dilakukan pihaknya dapat untuk di implementasikan di Provinsi Bengkulu, serta menjadi pembenahan pada Dinas Kesehatan untuk lebih baik lagi kedepannya.

 

"Jika program tersebut bisa direalisasikan di Bengkulu pasti sangat membantu masyarakat saat ini. Karena program yang ada menjadi salah satu langkah pengoptimalan sektor kesehatan secara menyeluruh," ujar Edwar. 

 

Sumber: