Desa Diminta Segera Salurkan DD

Desa Diminta Segera Salurkan DD

DOK/RK : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, RA Denni, SH--

RK ONLINE - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Bengkulu, RA Denni, SH, meminta kepada seluruh desa yang ada di sembilan wilayah di Bengkulu untuk segera mencairkan dan merealisasikan penggunaan dana desa (DD) semaksimal mungkin.

 

Hal ini mengingat waktu untuk penggunaannya hanya tersisa kurang dari dua bulan saja menuju bergantinya tahun anggaran. 

 

Terlebih, dengan adanya penggunaan dana desa, dapat dimanfaatkan bagi desa-desa untuk mengoptimalkan perekonomian masyarakat dan infrastruktur di desa. Dana desa ini juga dapat digunakan untuk membangun desa wisata, jaring pengaman dan mencegah inflasi pada tingkat desa. 

 

"Saat ini sudah penyaluran tahap III, dana desa ini harus segera direalisasikan agar pembangunan desa dapat terwujud," ujarnya.

 

Lebih lanjut, Dinas PMD Provinsi Bengkulu mencatat, dari seluruh sembilan kabupaten di wilayah Bengkulu dana desa tahap 3 telah disalurkan untuk 379 desa, dengan total penyaluran atau adanya yang terserap sebesar Rp 74,533 miliar.  "Dana desa yang disalurkan Tahap III telah terserap Rp 74,5 miliar," ujar RA Deni. 

 

BACA JUGA:Rp 785 Miliar DD Sudah Disalurkan

 

Adapun realisasi serapan penyaluran dana desa disetiap wilayah diantaranya, Kabupaten Bengkulu Utara telah mencapai Rp 5,6 miliar, Bengkulu Selatan Rp 6 miliar, Rejang Lebong Rp 2,5 miliar, Seluma Rp 15,5 miliar, Kaur Rp4,5 miliar, Mukomuko Rp 9,1 miliar, Lebong Rp 6,1 miliar, Kepahiang Rp 13,4 miliar, dan Kabupaten Bengkulu Tengah Rp 11,5 miliar.

Sumber: