Dinkes Usulkan Rp 20 Miliar Untuk Jamkesda

Dinkes Usulkan Rp 20 Miliar Untuk Jamkesda

DOK/Net : Ilustrasi Jamkesda--

RK ONLINE - Untuk tahun 2023 mengatang Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, telah menyusun usulan anggaran berobat gratis dalam program jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) sebesar Rp 20 miliar.

 

Dikatakan Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Rejang Lebong Rephi Meido Satria, (11/11) kemarin " Saat ini kita sudah menyusun anggaran program Jamkesda dalam R-APBD Kabupaten Rejang Lebong 2023 untuk 41.000 orang dengan besaran anggaran mencapai Rp 20 miliar," ujarnya. 

 

Dia menjelaskan, anggaran Jamkesda yang saat ini masih dibahas DPRD daerah tersebut akan digunakan untuk pembiayaan berobat warga tidak mampu yang selama ini belum menjadi peserta jaminan kesehatan nasional-kartu Indonesia sehat (JKN-KIS).

 

Warga tidak mampu yang mendapatkan bantuan dalam program ini, kata dia, dapat menikmati pelayanan berobat gratis di fasilitas kesehatan milik pemerintah yang ada di Kabupaten Rejang Lebong hingga ke rumah sakit rujukan yakni RS M Yunus Bengkulu.

 

"Kalangan warga tidak mampu yang sudah mendapatkan pelayanan dalam program Jamkesda selanjutnya akan didaftarkan menjadi peserta BPJS kesehatan yang iurannya dibayarkan oleh Pemkab Rejang Lebong menggunakan anggaran Jamkesda selama satu tahun berjala," terangnya.

 

BACA JUGA:Kuota Jamkesda Masih Tersisa untuk 1.400 Orang

 

Ditamabahanya lagi bagi peserta jamkesda yang sudah terintegrasi dengan BPJS kesehatan ini selanjutnya dapat berobat atau melakukan kontrol di fasilitas kesehatan yang ada di wilayah secara gratis sebagai peserta BPJS kesehatan.

 

Sumber: