November Tahun Depan

November Tahun Depan

DOK/RK : MAKAM : Inilah TMP Kabupaten Kepahiang yang terletak di Desa Pagar Gunung--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang melalui Dinas Sosial Kabupaten Kepahiang kembali mewacanakan memindahkan 2 makam pahlawan yang berada di Kelurahan Pasar Ujung, ke lokasi Taman Makam Pahlawan (TMP) yang berada di wilayah Desa Pagar Gunung Kecamatan Kepahiang.

 

Wacana pemindahan ke 2 makam pahlawan yakni makam Letnan Santoso dan Mayor Salim Batubara sudah dimulai pada 2020 lalu. 

 

Hanya saja ada sejumlah kendala hingga pada tahun 2022 ini pemindahan makam belum juga dapat direalisasikan. Karena itu pada tahun 2023 mendatang Dinsos Kabupaten Kepahiang kembali mewacanakan memindahkan kedua makam tersebut, sekaligus membangun pagar TMP. Ini disampaikan Kepala Dinsos Kabupaten Kepahiang, Helmi Johan, M.Pd melalui Kabid Penanganan, Fakir Miskin dan Pemberdayaan Sosial, Rizal Aswanda, S.IP, MAP.

 

"Jika tidak ada aral melintang, pemindahan 2 makam pahlawan Kabupaten Kepahiang ke TMP Desa Pagar Gunung dilaksanakan tahun 2023 mendatang. Ya target kami, pemindahan dilakukan serentak dengan peringatan hari pahlawan pada bulan November. Mudah- mudahan saja bisa terwujud. Karena wacana untuk pemindahan sudah berlangsung sejak 2 tahun terakhir," sampai Rizal. 

 

BACA JUGA:Kelanjutan Pembangunan TMP Pagar Gunung Belum Ada Kejelasan

 

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Kepahiang sudah minta izin atau berpamitan kepada pihak keluarga 2 pahlawan tersebut. Dari pihak keluarga, rencana Pemkab Kepahiang pun mendapat persetujuan.

 

"Tidak ada permasalahan kalau ingin dipindahkan, pihak keluarga setuju, tinggal pelaksanaannya saja. Selain menargetkan pemindahan 2 makam pahlawan, Dinsos Kabupaten Kepahiang juga mengusulkan anggaran untuk pembangunan pagar TMP pada tahun depan," papar Rizal. 

 

Sumber: