Bantuan Benih Cabai Disalurkan ke 4 Poktan

Bantuan Benih Cabai Disalurkan ke 4 Poktan

Foto/Dok : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.--

RK ONLINE - Pada tahun ini Kabupaten Kepahiang mendapatkan alokasi bantuan dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Pertanian RI yang anggarannya bersumber dari APBN TA 2022, berupa bantuan benih cabai. Akumulasinya bantuan cabai akan direalisasikan pada 10 hektare lahan petani dengan jumlah penerima 4 kelompok petani. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Hernawan, S.PKP.

 

Dia menjelaskan, bantuan tersebut akan didistribusikan pada petani yang berada di Kecamatan Kabawetan dan Kecamatan Ujan Mas. Dimana sejumlah poktan sebelumnya mengusulkan proposal kebutuhan benih cabai.

 

"Usulan masyarakat petani tersebut ditindak lanjuti dengan survei kesiapan lahan dan calon petani penerima. Dimaksudkan agar bantuan yang disalurkan  tepat sasaran. Untuk program penanaman cabai akan direalisasikan pada 4 kelompok petani penerima," kata Hernawan.

 

 

Lebih lanjut dia menjelaskan, tidak hanya benih tapi kelompok petani penerima juga diberikan bantuan berupa mulsa, pupuk, dan pelengkap tanaman cabai. Disinggung terkait jaminan harga pasar, lantaran komoditas cabai sering kali mengalami fluktuasi harga yang diluar dugaan petani. Ditekankan Hernawan, pihaknya sejauh ini hanya ikut andil dalam mengusulkan kebutuhan para petani berupa mengajukannya pada pemerintah pusat maupun provinsi.

 

BACA JUGA:Usul Benih ke BPTP

 

"Kita pastikan hasil produktivitas pertanian ini tetap masuk pasar lokal. Sejauh ini pemerintah tidak bisa intervensi pangsa pasar, apalagi komoditas cabai yang sering mengalami fluktuasi harga yang tidak menentu. Harapannya kita tentu harganya nanti berpihak kepada petani," sampai Hernawan.

 

 

Sumber: