Bahas RTRW, Pemkab Kepahiang Rakor Bersama Kementerian ATR/BPN dan Dirjen Tata Ruang

Bahas RTRW, Pemkab Kepahiang Rakor Bersama Kementerian ATR/BPN dan Dirjen Tata Ruang

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU saat Rakor bersama Kementerian ATR/BPN dan Dirjen Tata Ruang.--

RK ONLINE - Dalam rangka mewujudkan keterpaduan pembangunan dalam wilayah kabupaten dan kota dan menjamin terwujudnya tata ruang wilayah kabupaten Kepahiang yang berkualitas, Jumat 4 November 2022 Pemkab Kepahiang Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melalui Dirjen Tata Ruang di Hotel Sangri La.

 

Bupati Kepahiang Dr. Ir. Hidayattullah Sjahid, MM, IPU menyampaikan, salah satu kendala dalam rangka pengembangan wilayah di masing-masing daerah karena terjadinya perubahan dan dinamika pembangunan yang belum termuat di dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW). 

 

"RTRW Kabupaten Kepahiang sangat menentukan kebijakan-kebijakan pembangunan yang akan diambil. Untuk itu, kami menyampaikan apresiasi dan berterima kasih kepada Kementerian ATR/BPN dan Dirjen Tata Ruang atas diselenggarakannya Rakor  lintas sektor ini," ujar Hidayattullah.


Rakor bersama Kementerian ATR/BPN dan Dirjen Tata Ruang.--

Dihadapan peserta Rakor dari berbagai daerah lainnya, bupati Kepahiang yang didampingi Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd ini mengatakan jika dalam Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Kepahiang, lapangan usaha pertanian adalah salah satu yang memberikan kontribusi paling besar. Sejalan dengan hal tersebut, RTRW Kabupaten Kepahiang tahun 2022-2042 telah mengakomodir kebijakan strategis nasional di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMN) yang selaras dengan potensi ekonomi yang meliputi pertanian, perkebunan dan pariwisata.

BACA JUGA:Pemkab Kepahiang Launching Aksi Bergizi di Sekolah

"Besar harapan kami RTRW Kabupaten Kepahiang dapat segera disahkan karena dokumen ini penting, untuk menjadi payung hukum dalam pembangunan berkelanjutan dan peningkatakan iklim investasi dan perekonomian di Kabupaten Kepahiang," harap bupati.

 


Sekda Kepahiang, Dr Hartono, M.Pd saat mendampingi bupati Kepahiang Rakor bersama Kementerian ATR/BPN dan Dirjen Tata Ruang.--

Sementara itu apresiasi dan rasa terima kasih diungkapkan Dirjen Tata Ruang, Gabriel Triwibawa kepada bupati Kepahiang dan seluruh peserta Rakor lainnya. Dengan bantuan jajaran OPD, masing-masing daerah menurutnya sudah bekerja keras dan berkomitmen, dalam menyelesaikan rancangan Perda RTRW tersebut. 

 

"Oleh karena itu, saya berharap dalam pertemuan ini tidak akan meninggalkan pending issue apapun baik dari sisi muatan strategis yang sifatnya substansi maupun administratif," tegas Gabriel.

Sumber: