DBD Capai 87 Kasus, 2 Meninggal Dunia

DBD Capai 87 Kasus, 2 Meninggal Dunia

DOK/RK : FOGGING : Petugas Dinas Kesehatan saat melakukan fogging. --

RK ONLINE - Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong, sejak Januari 2022 hingga awal November sudah terjadi 87 kasus Demam Berdarah Dengue (DBD). Bahkan dari jumlah kasus tersebut, 2 diantaranya meninggal dunia. Sementara sisanya 85 kasus dinyatakan sembuh setelah mendapatkan perawatan medis.

 

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Lebong,  Rachman, S.KM, M.Si mengatakan jumlah kasus DBD belakang ini memang meningkat. Menurutnya, meningkatnya kasus kasus DBD belakangan ini akibat cuaca ekstrem yang terjadi.

 

"Peningkatan kasus DBD akhir-akhir ini kian melonjak seiring kondisi cuaca ekstrem yang terus terjadi di wilayah Kabupaten Lebong dengan tingkat mobilisasi yang tinggi atau daerah yang padat penduduk, " sampainya. 

 

Pihaknya juga akan terus meminta hasil uji lab pasien diagnosa DBD dari rumah sakit untuk dilanjutkan dengan surveilens penyelidikan epidemiolgi melalui puskesmas untuk memyelidiki keberadaan jentik nyamuk untuk segera ditangani. 

 

BACA JUGA:3 Kecamatan Nihil DBD

 

"Semua wilayah kasus sudah dilakukan upaya pencegahan dengan melakukan fogging di tempat yang terdapat kasus DBD. Mengingat saat ini curah hujan tinggi yang terus melanda wilayah Lebong, maka kami berharap adanya kerjasama warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dalam upaya mencegah perkembangan nyamuk aedes aegypti, " lanjutnya.

 

Tidak meuntup kemungkinan sampai akhir tahun mendatang jumlah kasus DBD bisa bertambah. Apalagi musim penghujan masih saja terjadi dan terus mengguyur wilayah Kabupaten Lebong. Ia mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap ancaman penyakit DBD, sehingga masyarakat diharapkan dapat meningkatkan kesadaran diri untuk menjaga kebersihan lingkungan. 

 

Sumber: