Dampak Banjir Bandang Pagar Agung Meluas

Dampak Banjir Bandang Pagar Agung Meluas

DOK/RK : BANJIR : Beginilah kondisi banjir bandang di Desa Pagar Agung 24 Oktober lalu--

RK ONLINE - Selain ratusan rumah masyarakat, dampak banjir bandang luapan dari Sungai Kemumu di Desa Pagar Agung Kecamatan Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang yang terjadi, Senin 24 Oktober 2022 lalu masih ada banyak lagi. Mulai dari ternak, sawah hingga kebun masyarakat desa setempat juga terdampak.

 

Hanya saja hingga Rabu 26 Oktober 2022 kemarin, belum diketahui secara pasti jumlah ternak, sawah hingga kebun yang terdampak karena masih dalam pendataan pihak desa. Ini disampaikan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kepahiang, Ir. Taufik.

 

Diungkapkan Taufik, berdasarkan laporan sementara dari pihak Desa Pagar Agung kepada pihaknya, bukan hanya 100 rumah masyarakat yang terdampak oleh banjir bandang yang mengakibatkan kerugian, khususnya rumah yang mengalami rusak berat dan ringan. Tetapi, masyarakat juga mengalami kerugian lain hingga jutaan rupiah per orang (Pemilik ternak, kebun dan sawah). 

 

"Kalau untuk ternak, ya jelas saja hanyut. Sedangkan kebun dan sawah rusak. Tapi untuk jumlah ternak, lebar sawah dan kebun yang terdampak, itu masih dalam pendataan pihak desa yang nanti data lengkapnya akan disampaikan dengan kami," kata Taufik. 

 

Dijelaskan lebih lanjut oleh Taufik, Pemkab Kepahiang melalui BPBD dan sejumlah instansi terkait lain sudah melakukan penanggulangan awal. Dicontohkan Taufik, pihaknya dari BPBD Kepahiang hingga kemarin masih menyuplai air bersih ke desa setempat. Lantaran seluruh sumur yang biasa dipakai masyarakat sudah tercemar akibat terdampak banjir. 

 

"Selain kami, ada juga Polres Kepahiang yang memberikan logisti berupa makanan pokok. Sementara dari Dinsos Kepahiang, itu pascakejadian banjir bandang sudah mendirikan dapur umum," sampai Taufik. 

 

BACA JUGA:Pagar Agung Dilanda Banjir

 

Sumber: