Direalisasikan Serentak

Direalisasikan Serentak

DOK/RK : Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani--

RK ONLINE - Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu akan segera merealisasikan program bantuan 1.000 tabung gas 3 Kg atau gas melon gratis. Penyalurannya direncanakan serentak dengan bantuan sambungan listrik gratis bagi masyarakat Bengkulu. 

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani mengatakan jika penyaluran bantuan tabung gas akan dilakukan bersamaan dengan penyaluran bantuan sambungan listrik gratis. 

"Pengadaan seribu tabung gas gratis ini sudah ya, ada di gudang ESDM saat ini. Kemarin kita sudah menyusun jadwal untuk penyerahannya. Nanti tinggal waktunya kapan akan direalisasikan. Nanti bersamaan saja dengan penyaluran sambungan listrik gratis," papar Mulyani.

Untuk jadwal penyaluran sendiri, dirinya menyebut belum mendapatkan jadwal dari gubernur. Karena dalam penyaluran bantuan ini direncanakan gubernur dan wakil gubernur akan turun langsung, sehingga perlu penyesuaian jadwal dengan agenda yang dimiliki gubernur dan Wagub. 

"Belum, belum dapat ya. Kita kemarin berharapnya akhir Oktober sampai pertengahan November," kata Mulyani.

 

BACA JUGA:UMP 2023 Mulai Dibahas

 

Untuk diketahui, penyaluran bantuan 1.000 tabung gas gratis nantinya akan disalurkan ke 10 kabupaten/kota dengan setiap wilayah mendapatkan sekitar 100 tabung. Sedangkan untuk bantuan sambuangan listrik gratis, Dinas ESDM sudah menentukan wilayah penyaluran yakni daerah yang masih banyak yang belum memiliki sambungann listrik yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan, Kepahiang dan Lebong.

Jumlah sambuangan listrik gratis ini sebanyak 200 unit sambungan tersebar di Kabupaten Bengkulu Selatan 25 unit sambungan, Kepahaing 75 unit sambungan dan Lebong 100 unit sambungan. 

Dari jumlah itu, sebanyak 175 sambungan dialokasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bengkulu tahun 2022. Sedangkan tambahan sebanyak 25 sambungan dari APBD Perubahan tahun 2022.

"Tadinya 175 unit, pada APBD Perubahan ada penambahan 25 unit, jadi semuanya 200 unit," singkatnya.

Sumber: