Kepahiang Kirim 1 Kafilah MTQ Nasional di Kalsel

Kepahiang Kirim 1 Kafilah MTQ Nasional di Kalsel

DOK/RK : DAMPINGI : Kakan Kemenag Kepahiang mendampingi kafilah yang diberangkatkan ke Kalsel. --

RK ONLINE - Kabupaten Kepahiang mengirim peserta terbaik dalam pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) 2022, yakni Muhammad Polem (19) merupakan peserta umum yang memenangkan cabang Musabaqah Makalah Qur'an (MMQ) pada MTQ XXXV tingkat Provinsi Bengkulu, pada Mei lalu. Muhammad Polem merupakan Mahasiswa UIN Fatmawati Soekarno Bengkulu, dia juga alumni MTs Negeri 2 dan MAN 2 Kepahiang.

Diketahui, MTQ tingkat nasional diselenggarakan di Provinsi Kalimantan Selatan pada 10-19 Oktober. Berbagai persiapan sudah dilakukan mempersiapkan diri bertarung di tingkat nasional.

"MTQ Nasional tahun ini Kabupaten Kepahiang berhasil mengirim 1 peserta terbaik, ia yang memenangkan MTQ tingkat provinsi dengan meraih juara I pada cabang MMQ, yakni Karya Tulis Ilmiah Qur'an (KTIQ). Peserta didampingi oleh Kakan Kemenag di Kalsel," jelas Kasi Bimas Islam Kemenag Kabupaten Kepahiang, Ridwan, S.Ag.

Meski sebelumnya,Kabupaten Kepahiang meraih 5 medali dari 5 cabang perlombaan diantaranya KTIQ, Syahril Qur'an, Hifzil Qur'an, MTQ, dan Kaligrafi. Hanya 1 peserta yang meraih juara I yang memenuhi ketentuan dapat mengikuti MTQ tingkat nasional.

 

BACA JUGA:Muhammad Polem ke MTQ Nasional

 

"Juara I lah yang akan mewakili daerah pada tingkat MTQ nasional, begitulah ketentuannya. Ke depan kita terus berharap adanya penambahan juara-juara sampai ke tingkat nasional," kata Ridwan.

Disisi lain, ia mengapresiasi semangat para peserta yang sudah berpartisipasi untuk mengikuti kegiatan MTQ dan diharapkan mampu membumikan Al-qur'an. Dengan harapan melalui kegiatan tahunan ini dapat meningkatkan pengetahuan, membangun kader utama di lingkungan masyarakat dan pelajar, selain meningkatkan pengetahuan, juga mengamalkan isi Al-qur'an.

Sumber: