4 Poktan Dapat 4 Ribu Bibit Kelengkeng

4 Poktan Dapat 4 Ribu Bibit Kelengkeng

DOK/RK : Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP--

RK ONLINE - Sebanyak 4.000 bibit kelengkeng bantuan dari Kementerian Pertanian dibagikan pada Kelompok Petani (Poktan) yang ada di Kabupaten Kepahiang. Bantuan tersebut didistribusikan kepada empat kelompok petani di Desa Bukit Menyan Kecamatan Bermani Ilir. Ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian Kabupaten, Hernawan, S.PKP melalui Kabid Hortikultura, Budi Sp, Selasa (11/10).

Dikatakan Budi, selain bibit kelengkeng tahun ini ada bantuan bibit alpukat yang diberikan oleh Kementerian Pertanian. "bantuan bibit kelengkeng sudah didistribusikan pada 4 Poktan Desa Bukit Menyan, totalnya ada 4.000 batang. Sementara bibit alpukat belum didistribusikan oleh pusat. Bantuan ini, daerah hanya menerima dalam bentuk barang dan langsung didistribusikan kepada kelompok petani penerima," jelas Budi.

 

BACA JUGA:Tidak Teregister, Tidak Dapat Bantuan

 

Disinggung terkait lokasi penerima bantuan yang dipusatkan di satu desa itu saja, sementara kecamatan dan desa lain yang memiliki potensi yang sama pengembangan buah-buahan. Dijelaskan Budi, Desa Bukit Menyan disengaja difokuskan sebagai wilayah penanaman kelengkeng lantaran akan dijadikan sentra.

"Semua di situ (Desa Bukit Menyan,red). Karena difokuskan pada satu desa untuk dijadikan sentra," ujar Budi. Wilayah lain, dilanjutkan Budi, akan diusulkan bertahap oleh Dinas Pertanian pada usulan bibit buah-buahan pada tahun mendatang.

Sumber: