DPT Berkelanjutan dan DP4 Jadi Acuan Penetapan DPS

DPT Berkelanjutan dan DP4 Jadi Acuan Penetapan DPS

DOK/RK : RAKOR : KPU Kabupaten Kepahiang melaksanakan Rakor persiapan penetapan DPS.--

 

RK ONLINE - Dalam waktu dekat ini KPU Kabupaten Kepahiang akan memfinalkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkelanjutan di Kabupaten Kepahiang. DPT berkelanjutan yang sudah difinalkan tersebut, nanatinya akan disinkronkan dengan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4). 

Selanjutnya berdasarkan DPT berkelanjutan dan DP4, ditetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk kepentingan pelaksanaan Pemilu serentak 2024 mendatang. Hasil sinkronisasi DPT berkelanjutan dan DP4 akan dilakukan Pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih) ke rumah - rumah masyarakat Kabupaten Kepahiang. 

Komisioner KPU Kabupaten Kepahiang, Supran Efendi, S.Sos, I, M.Pd menyampaikan, pihaknya pada Sabtu (1/10) melaksanakan Rapat Koordinasi (Rakor) dengan melibatkan sejumlah pihak di Kabupaten Kepahiang. Diantaranya Bawaslu, Disdukcapil, Parpol dan sejumlah pihak lainnya. Rakor yang dilaksanakan untuk keperluan memfinalkan DPT berkelanjutan.

"Kemarin (Sabtu, red) Rakor sudah kita laksanakan. Selanjutnya kita (Komisioner KPU, red) melakukan pleno penetapan DPT berkelanjutan yang nantinya akan menjadi acuan untuk disinkronisasikan dengan DP4. Hasilnya nanti akan ditetapkan menjadi DPS," kata Supran. 

Lebih lanjut disampaikan Supran, ketika nantinya DPT berkelanjutan sudah ditetapkan pihaknya, begitupun DP4 telah diterima, maka dilakukan sinkronisasi data.

 

BACA JUGA:Terdaftar DPT? Cek di Aplikasi

 

"Setelah dilakukan sinkronisasi data antara DPT berjelanjutan dan DP4, maka akan ditetapkan untuk menjadi DPS sebagai kepentingan Pemilu 2024 mendatang. DPS yang sudah ditetapkan itulah nantinya akan dilakukan Coklit oleh Pantarlih, hingga difinalkan menjadi DPT. Prosesnya masih panjang. Saat ini baru tahap awal persiapan saja," demikian Supran. 

Untuk diketahui, KPU Kepahiang sudah melakukan pleno DPT berkelanjutan untuk bulan Agustus lalu. Hasilnya, DPT Kabupaten Kepahiang di bulan Agustus diangka 109.086 pemilih. Dibandingkan dengan DPT berkelanjutan pada Juli, ada pengurangan 6 pemilih karena meninggal dunia serta sudah pindah ke luar dari Kabupaten Kepahiang. KPU Kabupaten Kepahiang hanya sisa melakukan sekali lagi pleno penetapan DPT berkelanjutan di Kabupaten Kepahiang. Rincian jumlah pemilih sejauh ini, lihat tabel.

Sumber: