Tingkatkan PAD Pemkab Kepahiang Genjot Realisasi PBBP2

Tingkatkan PAD Pemkab Kepahiang Genjot Realisasi PBBP2

Pemkab Kepahiang mengajak masyarakat taat pajak termasuk PBBP2 --

 RK ONLINE - Sebagai bagian dari upaya percepatan pencapaian target dan peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), Pemkab Kepahiang Provinsi Bengkulu saat ini mulai menggenjot realisasi pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBBP2).

 

Tidak hanya menyediakan aplikasi yang diaktifkan secara online, Pemkab Kepahiang juga melakukan penagihan langsung yang bertujuan untuk mempermudah masyarakat dalam proses pembayaran pajak. 

 

Meskipun demikian dengan tenggat waktu yang masih cukup panjang, saat ini pencapaian target PBBP2 Pemkab Kepahiang sudah berhasil menembus angka Rp 1,06 miliar dari total target TA 2022 yang berjumlah Rp 1,44 miliar.

BACA JUGA:Tanpa Bebani APBD, Pemkab Kepahiang Bakal Tingkatkan dan Kembangkan Pengelolaan Sampah di TPST

 

Kepala BKD Kabupaten Kepahiang, Jono Antoni, S.Sos, MM mengungkapkan jika pihaknya sudah melakukan berbagai langkah dalam hal penarikan pajak dan retribusi daerah. Selain menyediakan aplikasi pembayaran pajak secara online, Pemkab Kepahiang juga melakukan penagihan langsung melalui BKD Kabupaten Kepahiang. 

 

"Untuk mengoptimalkan PAD termasuk di dalamya pembayaran PBBP2, penagihan secara langsung dilakukan kepada masing-masing wajib pajak. Kemudian dalam pembayarannya juga kita menyediakan aplikasi online. Sehingga mempermudah masyarakat melakukan pembayaran pajak secara mandiri," ungkap Jono.


Kepala BKD Kabupaten Kepahiang, Jono Antoni, S.Sos, MM--

Jika dilihat dari progres capaian PBBP2 yang sudah menyentuh angka Rp 1,065 miliar, untuk memenuhi target PBBP2 menurut Jono Pemkab Kepahiang masih membutuhkan berkisaran Rp 390 juta dari beban terget Rp 1,44 miliar lebih. 

 

"Dengan waktu yang tersisa, kita yakin target PBBP2 bisa tercapai. Yang pasti, waktu yang tersisa ini akan kita manfaatkan melakukan penagihan secara langsung. Kita minta kepada wajib pajak, sadar melakukan pembayaran langsung. Pajak yang dibayar ini bisa meningkatkan PAD yang uangnya untuk pembabangunan daerah," demikian Jono.

Sumber: