Dispertan Klaim Berhasil Kendalikan PMK

Dispertan Klaim Berhasil Kendalikan PMK

Foto/Dok : Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan.--

RK ONLINE - Penularan kasus PMK di Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu akhirnya berhasil diatasi Pemkab Kepahiang Provinsi Bengkulu. Ini klaim Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang.

 

Sempat menyerang puluhan ternak jenis sapi, saat ini Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP memastikan jika kasus PMK di Kabupaten Kepahiang sudah berhasil diatasi dan dipastikan sudah nihil kasus.

 

Tidak hanya berhasil mengendalikan kasus yang seblumnya positif PMK, Hernawan menilai jika keberhasilan ini dicerminkan dengan tidak adanya kasus PMK baru di Kabupaten Kepahiang.

BACA JUGA:Laporan 5 UPK Eks PNPM MPD Ditenggat Hingga Akhir Bulan

Dijelaskan Hernawan, terakhir Juli lalu terdapat 97 kasus PMK di Kabupaten Kepahiang. Namun sapi-sapi yang terserang PMK ini sudah dinyatakan pulih kembali.

 

"Dari total 308 kasus, Juli lalu menyisakan 97 kasus yang saat ini, berhasil ditekan hingga zero. Itu berdasarkan pengecekan petugas di lapangan dan tidak adanya laporan dari peternak yang melaporkan ciri-ciri hewan ternak yang kembali terserang PMK," kata Hernawan. 

BACA JUGA:Pemilu Tahun 2024 Masih Ada TPS Sulit Dijangkau

Lebih lanjut Hernawan mengungkapkan, sejak awal Satgas PMK nasional menginstruksikan penanganan PMK dengan cepat. Sebab jika tidak, berdampak luas hingga ke perekonomian masyarakat khususnya para peternak. 

 

"Keberhasilan menekan penularan PMK hingga nihil kasus baru ini, tidak lepas dari berbagai langkah dan upaya strategi. Salah satunya pengawasan ketat lalu lintas ternak antar wilayah," ujar Hernawan.

 

Sumber: