Optimis, Pemkab Kepahiang Targetkan Peningkatan Nilai SAKIP

Optimis, Pemkab Kepahiang Targetkan Peningkatan Nilai SAKIP

Penilaian SAKIP Kabupaten Kepahiang secara online oleh KemenPAN-RB --

RK ONLINE - Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) Kabupaten Kepahiang dipastikan sudah final. Dengan hanya menunggu penilaian lanjutan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Pemkab Kepahiang optimis target meningkatkan nilai SAKIP menjadi B dapat terwujudkan.

 

Sekda Kabupaten Kepahiang, Dr. Hartono, M.Pd didampingi oleh Asisten III, Hairah Aryani, S.Sos, M.M.Pd mengatakan kalau saat ini, SAKIP Kabupaten Kepahiang sudah siap dan final. Saat ini tinggal proses penilaian dari KemenPAN-RB. Dengan melibatkan 10 OPD sampel, Hairah mengatakan jika pemaparan dilakukan di depan tim evaluator KemenPAN-RB. 

 

"Kita sudah mempaparkan seluruhnya, termasuk persentase di hadapan evaluator secara langsung sebagai tindak lanjut keseriusan kita untuk meningkatkan nilai SAKIP. Evaluator juga sudah memberikan sejumlah pertanyaan pendalaman dan seluruhnya mampu kita jawab dengan baik," kata Hairah, Selasa 30 Agustus 2022.

 

 

Dia melanjutkan kalau Pemaparan yang disampaikan Pemkab Kepahiang secara online ini juga merupakan penilaian langsung oleh KemenPAN-RB. Namun selain penilaian langsung dalam pemaparan, Hairah mengatakan jika nantinya penilaian akan kembali dilanjutkan oleh KemenPAN-RB. 

 

"Bukan hanya ini saja. Tapi nanti akan ada penilaian lanjutan dari KemenPAN-RB. Yang jelas, sekarang kita sudah siap untuk dinilai serta kita yakin dengan persiapan yang ada, nilai SAKIP Kabupaten Kepahiang meningkat menjadi B. Kalau mendapatkan nilai B, nantinya akan berdampak baik terhadap pemerintahan di Kabupaten Kepahiang," demikian Hairah. 


Pemaparan saat penilaian SAKIP Kabupaten Kepahiang di hadapan KemenPAN-RB--

 

Untuk diketahui kalau 10 OPD di lingkungan Pemkab Kepahiang yang menjadi sampel penilaian SAKIP ini adalah Disdikbud, Dinkes, Dinas PUPR, Dinsos, Dinas Pertanian, Dinas Perdagangan, Disperinnaker, DLH, Dishub Kepahiang dan Diskominfo. 

 

Sumber: