Antisipasi Krisis Pangan

Antisipasi Krisis Pangan

DOK/RK : Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM IPU--

RK ONLINE - Bupati Kepahiang, Dr. Ir. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU mengatakan, selain membahas soal kelangkaan Bahan Bakar Minyak (BBM), hasil rapat antara Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) bersama dengan Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) kemarin, kepala daerah diminta mengupayakan pemanfaatan lahan. Hal ini dalam rangka mengantisipasi krisis pangan ditingkat daerah.

Mengenai hal ini kata Bupati, pemerintah kabupaten akan melakukan upaya antisipasi kelangkaan pangan. Dengan ketersediaan pangan yang cukup, diharapkan pula tidak terjadi gejolak harga, mengingat saat ini masyarakat dan pemerintah daerah tengah berjuang pemulihan selama pandemi.

"Pemerintah kabupaten diminta memanfaatkan lahan untuk ditanami cadangan pangan, ini salah satu dari antisipasi krisis pangan. Ini yang dirapatkan tadi (Kemarin, red) bersama TPIP dan TPID, selain membahas kelangkaan bahan bakar dan ketersediaan bahan pokok," ujar Bupati.

 

BACA JUGA:Untuk Ketahanan Pangan

 

Bupati menjelaskan, terkait dengan pemanfaatan lahan untuk difokuskan pada sektor pertanian seperti jagung, umbi-umbian dan produktivitas ketahanan pangan lainnya. Terkait dengan hal ini, Pemkab akan mengupayakan rencana ketersediaan lahan serta kebutuhan bibitnya. "Ini merupakan gerakan dari pemerintah pusat, kita akan memikirkan ketersediaan lahan dan kebutuhan bibitnya, cocok ditanam apa di Kabupaten Kepahiang. Yang jelas ini nanti akan dibahas oleh TPID Kepahiang," singkat Bupati.

Sumber: