6 Desa Jadi Sasaran Vaksin Rabies

6 Desa Jadi Sasaran Vaksin Rabies

DOK/Net : Ilustrasi Vaksin HPR--

RK ONLINE - Dalam mencegah kasus rabies yang ditularkan melalui gigitan Hewan Penular Rabiaes (HPR), Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Rejang Lebong melakukan vaksinasi rabies terhadap hewan peliharaan masyarakat maupun hewan liar. Seperti anjing, kucing dan kera. Kegiatan vaksinasi tersebut rencananya akan dilaksanakan pekan depan di 6 desa.

"Untuk ke enam desa yang akan dilakukan vaksinasi pekan depan tersebut yaitu Desa Selupu Rejang, Sumber Urib, Sambe Rejo, Karang Jaya, Sumber Bening dan Desa Mojo Rejo, " kata Kabid Peternakan Distankan Rejang Lebong drh Weni. 

Terkait kegiatan ini pihaknya sudah menyampaikan surat pemberitahuan ke masing-masing desa. Vaksin yang akan digunakan merupakan bantuan dari Pemprov Bengkulu yang akan disuntikkan oleh dokter hewan yang ada di Distankan Rejang Lebong.

"Stok vaksin yang dimiliki Rejang Lebong saat  sudah habis. Maka kami kembali mengusulkan kepada Dinas Peternakan Provinsi Bengkulu mengingat saat ini banyak kasus warga yang terkena gigitan anjing liar, " tambahnya.

 

BACA JUGA:Disperindagkop UKM Gelar Pasar Murah

 

Ia mengimbau kepada masyarakat yang memilki hewan seperti kucing, anjing dan kera agar rutin memeriksakan kesehatannya. Termasuk rutin untuk memberikan suntikan vaksin rabies untuk mengindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Saat ini vaksin yang kita dapatkan dari Pemprov Bengkulu sebanyak 500 dosis yang nantinya akan direalisasikan untuk enam desa, " singkatnya.

Sumber: