Basarnas Gelar Latihan SAR Gempa Bumi

Basarnas Gelar Latihan SAR Gempa Bumi

DOK/RK : Anggota SAR Bengkulu saat mengikuti latihan.--

RK ONLINE - Dalam upaya memaksimalkan peran keanggotaan dan tugasnya, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bengkulu melaksanakan latihan Search And Rescue (SAR) beregu dan satuan di bangunan runtuh yang di laksanakan di Kantor SAR Bengkulu, Senin (22/8). 

Kepala Kantor Basarnas Bengkulu, M. Arafah S.H., M.Si mengatakan latihan ini dilaksanakan sebagai upaya memaksimalkan keanggotaan dalam mengatasi bencana gempa bumi. Terlebih Bengkulu menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang rawan terjadinya bencana gempa, karena wilayah ini berada dekat dengan pertemuan lempengan Indo-Australia dan lempengan Eurasia. Sehingga upaya menanggulangi bencana ini harus optimal. 

"Latihan ini bertujuan untuk menguji SOP pencarian dan pertolongan di bangunan runtuh, dan menguji kemampuan personel, membina kesiapsiagaan petugas serta menguji kemampuan operasional sarana dan prasarana apabila terjadi musibah atau kondisi membahayakan jiwa manusia yang terjebak di bangunan runtuh," paparnya.

Lebih lanjut, latihan diikuti oleh 28 peserta dari personel Kantor SAR Bengkulu ini dilakukan dalam dua tahap. Yakni dimulai dengan pemberian materi kepada peserta di dalam ruangan dan dilanjutkan dengan praktek di lapangan. 

 

BACA JUGA:HUT RI ke-77, 1.350 Napi Terima Remisi

 

"Peserta akan diberikan beberapa materi seperti pengenalan gempa, tsunami, peta kerawanan dan cuaca, penggunaan alat detekesi korban serta cara membuka jalur akses di gedung reruntuhan dan evakuasi korban. Di akhir kegiatan ini akan ada simulasi penyelamatan di gedung runtuh dan para petugas rescue akan bekerja selama 24 Jam," ungkap M. Arafah. 

Dirinya berpesan agar setiap peserta dalam menjalankan dan mengikuti latihan selalu mengutamakan keselamatan diri, tidak berlebihan atau ragu-ragu, serta tetap menjaga kesehatan hingga berakhir waktu pelatihan pada 27 Agustus 2022 mendatang. 

"Dengan latihan ini diharapkan kedepannya dalam pelaksanaan operasi SAR terciptanya sinergitas dan koordinasi yang baik antar personil sehingga bisa maksimal dalam memberikan pelayan SAR yang cepat, tepat dan profesional," pungkas M. Arafah.

Sumber: