Sosialisasikan KPMR, Minimalisir Pelaku Usaha Terjerat Rentenir

Sosialisasikan KPMR, Minimalisir Pelaku Usaha Terjerat Rentenir

DOK/RK : Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Rejang Lebong, Yusran Fauzi, ST--

RK ONLINE - Pemkab Rejang Lebong mengikuti zoom meeting terkait sosialisasi Kredit Pembiayaan Melawan Rentenir (KPMR) yang merupakan program kerja dari Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Bengkulu. Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Rejang Lebong, Yusran Fauzi, ST mengatakan KPMR adalah program pemberian modal oleh lembaga jasa keuangan formal kepada kalangan pelaku usaha UMKM dengan proses cepat, mudah, dan pembiayaan rendah untuk mengurangi ketergantungan dan pengaruh dari pinjaman illegal.

"Program ini sudah dapat dilakukan dan sudah dapat direalisasikan dengan bekerjasama dengan OPD -OPD dan dinas perdagangan, " ujarnya.

Dengan adanya program ini menjadikan alternatif sumber permodalan yang prosesnya cepat, mudah, dan pembiayaan rendah serta persyaratan sederhana dalam mengembangkan usahanya. Program ini diharapkan bisa meminimalisir jumlah pelaku usaha terjerat jasa rentenir yang memiliki suku bunga tinggi. Masih banyaknya pelaku usaha yang menggunakan jasa rentenir ini menurutnya karena kurangnya informasi dan sosialisasi yang mereka dapatkan,.

"Dengan adanya program yang kita lakukan saat ini tujuanya untuk memulihkan perekonomian, dengan menindaklanjuti program kerja dari TPAKD dalam mengoptimalkan penyaluran KUR (Kredit Usaha Rakyat, red) dan produk perbankan lainnya yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK, " singkatnya. (cok)

Sumber: