Kemenag Komitmen Turunkan Angka Stunting Lewat Program Binwin

Kemenag Komitmen Turunkan Angka Stunting Lewat Program Binwin

DOK/RK : UPAYA : salah satu upaya menekan angka stunting yang dilakukan kemenag ialah Binwin.--

RK ONLINE - Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Kepahiang berkomitmen menurunkan angka stunting. Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang, H. Lukman, S.Ag, MH mengatakan, pihaknya akan memberikan dukungan terhadap pemerintah daerah dalam menyelesaikan masalah stunting sesuai dengan kapasitas dan kemampuan yang dimiliki.

Mengenai ini, Kemenag Kabupaten Kepahiang selama ini melakukan sosialisasi terhadap masyarakat tentang bahaya stunting melalui Bimbingan Perkawinan (Binwin). Program ini juga salah satu langkah mengedukasi tentang pentingnya menjaga kesehatan sebelum membina rumah tangga.

"Diantara program yang strategis untuk menyosialisasikan ini (Stunting) adalah program bimbingan perkawinan calon pengantin. Biasanya Binwin ini dilakukan Kantor Urusan Agama (KUA), kalau tidak gabungan dilaksanakan di Kemenag. Yang jelas kita berkomitmen ikut serta menekan angka stunting," jelas Lukman.

Menurut Lukman, melalui program Binwin ini Kemenag Kabupaten Kepahiang tidak hanya melakukan edukasi soal stunting, tetapi juga soal pentingnya menikah pada usia yang telah ditetapkan, yakni diatas 19 tahun.

"Kemudian program bina remaja yang kita lakukan salah satunya adalah untuk menekan angka pernikahan dini, dalam aturan berlaku, baik laki-laki maupun perempuan harus sudah berusia 19 tahun," terangnya. 

Ia berharap, melalui program Binwin yang selama ini telah berlangsung pasangan calon pengantin bisa memperoleh ilmu pengetahuan dan wawasan yang dibutuhkan dalam membina rumah tangga mereka. (rfm)

Sumber: