Bupati Hidayattulah : Sanitasi Air Bersih Harus Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

Bupati Hidayattulah : Sanitasi Air Bersih Harus Tingkatkan Kesehatan Masyarakat

DOK/RK : PERTAMA : Bupati Hidayattulah meletakkan batu pertama pembangunan sanitasi air bersih.--

RK ONLINE - Pemerintah Kabupaten Kepahiang terus melakukan upaya agar terciptanya kebersihan lingkungan serta kesehatan masyarakat. Salah satunya melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pembangunan infrastruktur bidang kegiatan sanitasi TA 2022. Rabu (3/8) kemarin, dilakukan titik nol pembangunan sanitasi di Desa Weskust yang menandai satu dari lima titik kegiatan pembangunan sanitasi mulai direalisasikan.

Diterangkan Bupati Kepahiang, Dr. Hidayattulah Sjahid, MM, IPU, DAK bidang sanitasi tahun ini berupa pembangunan penyediaan sarana dan prasarana air limbah dan pembangunan jamban. "Penyediaan sanitasi yang baik jelas memberikan dampak pada peningkatan lingkungan dan kesehatan masyarakat, hingga berefek positif berupa peningkatan produktivitas masyarakat," kata Bupati.

Dirinya berharap, bantuan DAK bidang sanitasi ini supaya digunakan secara tepat sasaran, tepat manfaat, tepat waktu, dan tepat mutu untuk memberikan akses sanitasi yang layak dengan memperhatikan kualitas dan sesuai aturan. Diharapkan juga pembangunan sanitasi ini mampu menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, bahkan keberadaan lingkungan yang bersih serta sehat berdampakpada Indeks Pembangunan Manusia (IPM). "Seluruh elemen diperlukan upaya dalam pencapaian akses sanitasi. Baik itu dari tingkat kecamatan, desa maupun kelurahan, serta peran aktif masyarakat supaya terbiasa berperilaku hidup bersih dan sehat," jelas Bupati.

Sementara itu, Anggota DPD RI, Hj. Riri Damayanti Jhon Latief, M.Psi mengapresiasi terrealisasinya pembangunan sanitasi di Desa Weskust. Dikatakannya

bahwa langkah ini merupakan salah satu upaya pemerintah mebangun infrastruktur sanitasi yang layak bagi segenap masyarakat. "Tindaklanjut dari usulan pembangunan sanitasi ini tidak lepas dari peran serta pemerintah daerah pada pemerintah pusat, dalam hal menjawab kebutuhan masyarakat. Harapannya dapat bermanfaat bagi masyarakat desa," singkat Riri. (rfm)

Sumber: