Waww !, Poktan di Kepahiang Dapat Bantuan Ini

Waww !, Poktan di Kepahiang Dapat Bantuan Ini

DOK/RK : Kadistan Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu, Hernawan, S. PKP--

RK ONLINE - Dialokasikan melalui APBN, Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Kabupaten Kepahiang Provinsi Bengkulu akan mendistribusikan bantuan untuk Kelompok Tani (Poktan) yang ada di Kabupaten Kepahiang.

Kali ini dengan lahan seluas 2.250 Ha, tahun ini (2022) Poktan di Kabupaten Kepahiang akan mendapatkan bantuan padi dan jagung hibrida. Kadis Pertanian Kabupaten Kepahiang, Hernawan, S.PKP menjelaskan kalau bantuan tersebut, diperoleh dari kementerian dan disalurkan melalui Dinas TPHP Provinsi Bengkulu.

"Pemberian benih jagung dan padi diberikan Kementerian Pertanian dalam rangka mendukung upaya swasembada pangan, petani diberi kemudahan melalui pemberian benih. Bantuan ini akan dibagikan pada 8 wilayah kecamatan di Kabupaten Kepahiang," kata Hernawan.

Saat ini, lanjut Hernawan, pihaknya sedang menunggu petunjuk teknis pengadaan yang dilaksanakan Dinas TPHP Provinsi Bengkulu. Sebab daerah sifatnya hanya menerima dan menyalurkannya kepada Poktan penerima bantuan.

"Pelaksanaan lelang oleh pihak provinsi, daerah hanya menunggu distribusinya dan disalurkan kepada penerima. Sebelumnya ada 3 komoditas yakni padi, jagung dan kedelai. Tapi kedelai ini kurang diminati petani karena pengembangannya tidak maksimal dan belum didukung potensi iklim," jelas Hernawan.

Pemberian bantuan bibit padi seluas 1.500 Ha dan jagung 750 Ha ini nantinya dilakukan sesuai peraturan dan teknis yang berlaku. Yakni kelompok petani yang sudah mengajukan proposal kebutuhan akan di cek langsung ke lapangan.

"Bantuan pertanian ini sistem CPCL. Jadi harus dipastikan kesiapan calon penerima calon lahannya, agar bantuan benar-benar tepat sasaran dan tingkat keberhasilannya sesuai dengan harapan pemerintah," tutup Hernawan.

Pewarta : Reka Fitriani/Krn

Sumber: